Konflik Desa Wadas, Jokowi Diminta Hentikan PSN Bermasalah

CNN Indonesia
Jumat, 11 Feb 2022 16:53 WIB
Presiden Jokowi diminta mengevaluasi atau menghentikan proyek-proyek strategis nasional yang bermasalah dan merugikan warga seperti terjadi di Desa Wadas. Presiden Joko Widodo diminta hentikan proyek strategis nasional yang bermasalah. (Foto: Lukas - Biro Setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesian Center for Environmental law (ICEL) meminta Presiden Joko Widodo mengevaluasi kembali dan menghentikan proyek strategis nasional (PSN) yang bermasalah. Salah satunya, PSN Bendungan Bener di Wadas, Kabupaten Purworejo.

"ICEL meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi kembali dan menghentikan PSN serta peraturan terkait PSN bermasalah yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah pengelolaan lingkungan yang baik," kata ICEL dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/1).

"Termasuk jika terdapat potensi pelanggaran hak masyarakat untuk lingkungan hidup yang baik dan sehat," imbuhnya.

ICEL menilai, salah satu permasalahan sentral dari konflik di Desa Wadas terletak pada penetapan pembangunan Bendungan Bener sebagai PSN. Penetapan itu tertuang dalam Perpres Nomor 58 Tahun 2017 tentang Proyek Strategis Nasional.

"Konflik di Desa Wadas merupakan konsekuensi dari penetapan proyek strategis nasional yang tidak partisipatif dan berdampak luas bagi lingkungan hidup," ucapnya.

Kata ICEL, penetapan PSN tersebut dilakukan secara sepihak oleh pemerintah dan tak memberi ruang partisipasi masyarakat. 

Catatan ICEL dalam Indonesia Environmental Law Outlook 2022 menunjukkan mayoritas peraturan terkait PSN seperti PP No. 21 Tahun 2021 dan PP No. 42 Tahun 2021, tidak memberikan ruang partisipasi sejak dalam perencanaan dan penetapan.

Proses pelibatan dan partisipasi masyarakat baru akan dimulai pada proses perizinan. Hal itu, kata ICEL, berimplikasi pada tidak tersedianya ruang bagi masyarakat untuk mempelajari sampai menyatakan keberatan atas suatu PSN.

"Selain itu juga menyebabkan tidak efektif serta terlambatnya pelibatan masyarakat, mengingat proyek sudah dipastikan akan berjalan," ucapnya.

Tanpa pelibatan masyarakat, ICEL berkata konflik yang terjadi di Desa Wadas menjadi tidak terhindarkan.

Baca halaman berikutnya, Desa Wadas bukan tapak Proyek Strategis Nasional...

Wadas Bukan Tapak Proyek PSN

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER