Redknapp: Ronaldo Baru Ada dalam Diri Bale

Martinus Adinata, CNN Indonesia | Senin, 18/05/2015 17:09 WIB
Redknapp: Ronaldo Baru Ada dalam Diri Bale Gareth Bale berbincang dengan rekannya, Cristiano Ronaldo (kanan) ketika timnya tengah melawan Juventus di babak semifinal Liga Champions beberapa waktu lalu.(Getty Images/ Michael Regan)
London, CNN Indonesia -- Musim ini mungkin bukan tidak berjalan sesuai dengan keinginan pemain termahal di dunia, Gareth Bale.

Gagal meraih satu trofi pun bersama Real Madrid dan permainannya cenderung menurun. Akibatnya pemain asal Wales tersebut menjadi sasaran cemoohan dan kritikan dari para suporter Madrid.

Namun dukungan bagi Bale datang dari mantan manajer yang pernah menanganinya di Tottenham Hotspur, Harry Redknapp.


"Dalam beberapa hal, saya selalu berpikir Bale dapat menjadi (Cristiano) Ronaldo," ujar Redknapp seperti dikutip media massa Spanyol, AS. "Bagi saya dia seperti Cristiano. Anda harus memberinya bola."

"Begitu ia mendapatkan bola ia akan menciptakan bola dan melepaskan tendangan dengan kekuatan yang tidak dimiliki pemain lain, atau menggocek melewati pemain bertahan. Sesuatu yang hanya dimiliki sedikit pemain saat ini."

Selain itu, Redknapp juga mengakui dirinya sempat khawatir saat mantan anak asuhnya tersebut hijrah ke Madrid. Apalagi saat ini terbukti Bale menjadi pusat kritikan dari para suporter Los Blancos.

"Saat dia pergi untuk bergabung dengan Madrid, saya khawatir dia akan tenggelam di balik bayangan Cristiano. Musim lalu dia mampu bekerja dengan baik, bermain di posisi yang diberikan pelatih dan mencetak beberapa gol spektakuler" ujar Redknapp melanjutkan.

"Tapi tahun ini ia mendapatkan kritikan. Dia tidak pernah mendapatkan perhatian sebesar itu dan mungkin hal ini sedikit mempengaruhinya," ujar pelatih berusia 68 tahun itu.

Lantas apa saran dari Redknapp kepada Bale, yang kini bermain di sebuah tim bertaburan dengan begitu banyak pemain bintang?

"Bekerja keras, pelajari bahasanya (Spanyol). Dia berada di salah satu klub terbaik di dunia. Ini merupakan dunia dewasa dan dia harus menyadari itu," ujar Redknapp.

"Ketika ada begitu banyak pemain hebat, keadaan memang menjadi sedikit lebih rumit. Tetapi hal yang paling penting adalah memastikan bahwa tidak ada orang yang dapat mengatakan Anda telah gagal."

Bale dibeli Madrid dari Spurs dengan harga hingga 85 juta poundsterling pada musim panas 2013. Ia berhasil mencetak salah satu gol yang membuat Los Galacticos meraih trofi Liga Champions ke sepuluhnya.

Pada musim debutnya bersama Madrid, Bale bermain 27 kali di liga dari total 44 pertandingan yang ia mainkan di semua ajang kompetisi bersama Madrid. Di Liga, Bale mencetak 15 gol dan 13 assists. Sementara itu secara keseluruhan ia mencetak 22 gol dan menyumbang 19 assist.

Kemudian sepanjang musim ini, Bale sudah bermain 48 kali, mencetak 17 gol, dan menyumbang 12 assist di semua ajang kompetisi yang diikuti Madrid. Di La Liga, pemain dengan tinggi 183 cm tersebut sudah bermain 31 kali, mencetak 13 gol dan menyumbang sembilan assists.

Di tengah kritik yang diterima Bale, pria yang memiliki rekor kecepatan lari hingga 33,6 km per jam itu diperebutkan duo Manchester, ManCity dan ManUtd pada bursa transfer mendatang. (kid/kid)