Ketua Viking Persib: Jangan Renggut Hiburan Kami

M. Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 04/06/2015 16:19 WIB
Ketua Viking Persib: Jangan Renggut Hiburan Kami Sekitar Seribu Bobotoh menggelar demonstrasi di Gedung DPRD Jawa Barat, Bandung, Kamis (4/6). (ANTARA/Agus Bebeng)
Bandung, CNN Indonesia -- Ribuan anggota kelompok suporter Persib Bandung, Viking Persib Club (VPC), melakukan aksi di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Bandung, Kamis (4/6).

Mereka menuntut pemerintah untuk mengakhiri kisruh antara Kemenpora dan PSSI yang berujung pada jatuhnya sanksi FIFA. Ketua VPC, Herru Joko, menganggap sanksi FIFA telah merenggut hiburan masyarakat.

"Semoga demo ini berpengaruh. Inti dari demo ini hanya satu, kami menginginkan sepak bola Indonesia kembali," ujar Herru saat dihubungi CNN Indonesia.


"Sepak bola adalah panggilan jiwa bagi kami, ini adalah hiburan yang natural. Kami kehilangan hiburan, ini kerugian bagi kami," sambungnya.

Herru mengatakan, jika tidak ada tanggapan dari demo ini, kemungkinan ia dan rekan-rekannya akan berunjuk rasa kembali. Ketika ditanyakan apakah akan demo berusaha mendatangi Kemenpora dan PSSI, Herru dengan singkat mengatakan, "Kami percaya pimpinan DPR di Jawa Barat."

Dengan adanya sanksi FIFA, seluruh klub dan timnas Indonesia tidak bisa berkompetisi di pertandingan internasional. Salah satunya, timnas Indonesia senior tidak bisa tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Setidaknya ada tujuh tuntutan yang diungkap VPC dalam aksi yang berlangsung sekitar tiga jam siang tadi:

1. Bobotoh Persib Bandung tidak ingin bangsa Indonesia yang berdaulat menjadi sebuah negara tanpa sepak bola di dalamnya.

2. Bobotoh Persib Bandung menuntut agar pemerintah menyadri bahwa sepak bola adalah hiburan rakyat banyak yang harus segera diselamatkan.

3. Bobotoh Persib Bandung menuntut agar persepakbolaan di Indonesia terbebas dari intervensi politik dari pihak manapun.

4. Bobotoh Persib Bandung menuntut itikad baik dari semua pihak terutama Menpora dan Ketua Umum PSSI untuk sama-sama berpikir jernih agar memiliki visi dan misi yang sepaham.

5. Bobotoh Persib Bandung menuntut Menpora, Imam Nahrawi, mencabut pembekuan PSSI agar persepakbolaan Indonesia bisa kembali berkiprah kancah internasional.

6. Bobotoh Persib Bandung menuntut agar PSSI segera mereformasi diri agar organisasi sepakbola tertinggi di Indonesia bersih dari pengurus korup dan berkepentingan politik.

7. Bobotoh Persib Bandung menuntut agar kompetisi persepakbolan di tanah air segera digulirkan kembali sesuai dengan aturan sehingga diakui oleh FIFA. (har/har)