Target ke Piala Dunia, Timnas Futsal Lirik Pelatih Iran

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Kamis, 09/07/2015 20:17 WIB
Target ke Piala Dunia, Timnas Futsal Lirik Pelatih Iran Hossein Shams (tengah) saat berjumpa dengan media di Jakarta. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas futsal Indonesia berpeluang ditangani salah satu pelatih terbaik di Asia, Hossein Shams. Pelatih asal Iran itu telah melakukan presentasi di hadapan Asosiasi Futsal Indonesia (AFI), Kamis (9/7).

Shams merupakan pelatih yang membawa Iran lima kali juara Piala Asia Futsal: 1999, 2000, 2007, 2008, dan 2010. Pelatih 54 tahun itu juga mengantar Iran menjuarai Piala Konfederasi Futsal pada 2009.

Usai memberikan presentasi di hadapan pengurus AFI di Kantor PSSI, Senayan, Kamis sore, Shams tertarik menangani timnas futsal Indonesia. Shams mengaku sudah memiliki rencana untuk mengembangkan futsal Indonesia.


"Terima kasih federasi Indonesia sudah mengundang saya ke sini. Saya sudah menjadi pelatih spesialis futsal sejak 1996. Saya siap mengembangkan futsal di Indonesia. Saya sudah lihat pemain Indonesia di Piala Asia. Pemain kalian punya kecepatan dan teknik, modal untuk meraih hasil bagus," ujar Shams.

Salah satu program yang akan difokuskan Shams jika dipinang AFI adalah, mantan pelatih timnas futsal Bahrain dan Kuwait itu akan mengadakan kursus jangka panjang dan pendek untuk para pelatih futsal di Indonesia.

"Jika Anda punya pelatih yang bagus, maka pemain akan bagus. Ada dua kursus, panjang dan pendek. Setiap pekan harus ada kursus. Futsal sekarang berkembang pesat. Mulai banyak tim yang memulai laga dengan lima pemain sekaligus atau power play," tegas Shams.

Salah satu target utama Shams adalah mengantarkan Indonesia ke Piala Dunia Futsal 2020. Shams pun tidak khawatir dengan kondisi sepak bola Indonesia yang sedang terkena sanksi FIFA.

Sekjen AFI, Edhi Prasetyo, mengatakan, keputusan mengontrak Shams akan dilakukan besok, Jumat (10/7).

"Besok akan dibicarakan masalah hak dan kewajiban. Jika sepakat nilai kontrak, maka besok akan selesai. Dari 11 calon, ini pelatih yang mungkin membawa Indonesia ke Piala Dunia Futsal. Shams ini rekomendasi dari AFC," ucap Edhi. (ptr/ptr)