Menelusuri Jejak Fenomenal Michael Schumacher

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 03/01/2017 18:30 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak kemunculannya di dunia Formula 1 pada 1991, Michael Schumacher telah mengejutkan dunia balap hingga akhirnya merebut tujuh kali juara dunia.

Hanya lewat satu kali membalap bersama Jordan-Ford sebagai pebalap pengganti, Michael Schumacher membuat Direktur Benetton kepincut untuk merekrutnya. Pebalap didikan akademi Mercedes-Benz ini pun memulai perjalanannya di ajang F1 di usia 22 tahun. (AFP PHOTO / Eric CABANIS)
Schumacher mendapatkan selamat dari kekasihnya, Corinna, setelah merebut gelar juara dunia kedua bersama Benetton pada 1994. Di musim itu Ayrton Senna tewas di Imola dan Schumacher mengambil alih kejayaan Senna. (AFP PHOTO / TORSTEN BLACKWOOD)
Schumacher ketika berpose pertama kali dengan Ferrari. Saat itu Ferrari merekrut Schumacher dengan memberikan tawaran gaji mahal yaitu US$30 juta per tahun. Ferrari merasa Schumacher bisa mengangkat mereka dari masa-masa keterpurukan. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)
Schumacher tak datang sendirian ke Ferrari, tapi juga turut membawa otak di balik kesuksesan Benetton, Ross Brawn. Keduanya membangun mobil Ferrari yang di kemudian hari akan mendominasi dunia balapan. (AFP PHOTO / ERIC CABANIS)
Schumacher merayakan kemenangan pertamanya bersama Ferrari di GP Katalonia. Di musim pertamanya bersama Ferrari, Schumacher hanya mendapatkan tiga kemenangan karena saat itu mobil Ferrari tak bisa bersaing dengan yang terbaik. (AFP PHOTO / ERIC CABANIS)
Pada musim 2000, Schumacher akhirnya mengakhiri paceklik gelar Ferrari dengan menggondol gelar juara dunia. Sebelumnya, terakhir kali Ferrari mendapat juara dunia adalah pada 1979. (AFP PHOTO/Jimin LAI)
Schumacher yang mengawali kariernya dengan Go-Kart tak pernah meninggalkan ajang tersebut. Ketika merayakan gelar juara dunia pertamanya, ia pun bermain Go-Kart bersama Rubens Barichello. (AFP PHOTO/Stephen SHAVER)
Bersama Ferrari, Schumacher merebut lima kali gelar juara dunia secara beruntun dan mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pebalap terhebat sepanjang masa. (AFP PHOTO BERTRAND GUAY)
Pada musim balapan 2006, Schumacher akhirnya memutuskan pensiun. Ia mengakhiri karier dengan serentetan rekor termasuk di antaranya jumlah kemenangan terbanyak, pole position terbanyak, dan pebalap dengan gelar juara dunia terbanyak. (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)
Schumacher pernah mengakhiri masa pensiun dan kembali membalap bersama Mercedes. Pada akhirnya ia pensiun untuk yang kedua kali pada akhir musim 2012. (AFP PHOTO /MARCUS BRANDT)