PSSI Tagih Janji Anies-Sandi Bangun Stadion di Jakarta

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 22/06/2017 08:52 WIB
PSSI berharap Gubernur DKI terpilih, Anies Baswedan, benar-benar merealisasikan wacana pembangunan stadion bertaraf internasional di Jakarta. PSSI tagih jani Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan untuk membangun stadion internasional di Jakarta. (CNN Indonesia/Ahmad Bachrain)
Jakarta, CNN Indonesia -- Deputi Bidang Sepakbola PSSI, Fanny Irawan, menagih janji Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, terkait pembangunan stadion di Jakarta.

Fanny menilai, penurunan kualitas pemain muda turut dipengaruhi oleh minimnya fasilitas yang memadai. Nah, janji Anies Baswedan untuk membangun stadion bertaraf internasional di masa kampanye harus diwujudkan sebagai bentuk kerja nyata.

"Kenapa usia muda bagus tapi senior level kesulitan berkembang? Ini tanggung jawab semua. Infrastruktur di luar [negeri] bagus, di Indonesia kurang. Cari lapangan saja susah, begitu juga stadion," kata Fanny.

Fanny memberi contoh bahwa klub Persija yang seharusnya bermarkas di DKI Jakarta, saat ini tidak memiliki kandang sendiri. Tim berjulukan Macan Kemayoran harus menggelar laga kandang di Stadion Patriot Candrabhaga yang berlokasi di Bekasi.


"Katanya ada janji stadion di Jakarta, semoga. Ditagih janjinya, mana stadionnya untuk Persija?" ucap Fanny menyinggung janji Anies-Sandi saat kampanye.

"Kelihatannya sepele. Tapi tanpa infrastruktur yang bagus, [sepak bola Indonesia] sulit berkembang," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Sandi sempat mengutarakan janji pembangunan stadion untuk Persija dan sepak bola Jakarta dalam rangkaian kampanye yang berlangsung di GOR Otista, Jakarta Timur, pada 4 Januari 2017.

Bukan hanya itu, Sandi pun menjanjikan rentang waktu pembangunan stadion bila dia dan Anies terpilih dan dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

"Kami harap hal ini akan berlangsung di bulan ke-18 setelah dilantik, (stadion) ini sudah jadi," kata Sandi.

Janji itu dia ungkapkan kepada para pendukung Persija atau The Jakmania --julukan suporter Persija -- yang hadir dalam kampanye tersebut.

Terkait lokasi, salah satu opsi utamanya adalah di Taman BMW yang berada di kawasan Jakarta Utara denga luas lahan hingga 500 ribu meter persegi. Adapun luas untuk membangun stadion utama hanya membutuhkan sekitar 76 ribu meter persegi.