Mengenal Sandy Walsh, Bek Calon Naturalisasi Timnas Indonesia

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 02/10/2017 11:35 WIB
Mengenal Sandy Walsh, Bek Calon Naturalisasi Timnas Indonesia Sandy Walsh memulai karier profesionalnya sejak 2012 bersama Genk. (Screenshoot via Instagram/@sandywalsh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesepakbola berpaspor Belanda keturunan Indonesia, Sandy Walsh, punya catatan yang cukup apik dalam karier sepak bolanya. Walsh cukup menjadi andalan di klub yang diperkuatnya.

Meski selalu memperkuat timnas Belanda di level junior, namun Walsh menghabiskan karier profesionalnya di Liga Belgia. Sempat menjadi bagian Anderlecht junior, Walsh kemudian direkrut Genk pada 2011.

Walsh memulai debut profesionalnya bersama Genk pada 2 September 2012. Ketika itu pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu tampil saat Genk menghadapi Anderlecht.


Lima musim memperkuat Genk di kasta pertama Liga Belgia, Jupiler Pro League, Walsh selalu menghiasi skuat utama klub pengoleksi tiga gelar liga tersebut.

Sandy Walsh bermain di klub kasta tertinggi Liga Belgia. (AFP PHOTO / ANDER GILLENEA)Sandy Walsh bermain di klub kasta tertinggi Liga Belgia. (AFP PHOTO / ANDER GILLENEA)
Musim terbaik Walsh bersama Genk terjadi pada 2015/2016. Ketika itu, bek 22 tahun itu tampil di 28 pertandingan dan mencetak satu gol. Di Jupiler League sendiri, Walsh bermain sebanyak 23 kali dengan 21 di antaranya menjadi starter.

Pada Juli 2017, Walsh pindah ke Zulte Waregem dengan status bebas transfer. Musim ini, Walsh sudah tampil di empat pertandingan di semua kompetisi dan mencetak satu gol. Walsh mencetak gol ketika Zulte Waregem menang 2-1 atas Royal Excel Mouscron di Regenboogstadion, 17 September lalu.

Sandy Walsh masih 22 tahun dan sering jadi langganan timnas Belanda usia muda.Sandy Walsh masih 22 tahun dan sering jadi langganan timnas Belanda usia muda. (Screenshoot via Instagram/@sandywalsh)
Meski selalu berkarier di Liga Belgia, Walsh merupakan langganan timnas Belanda usia muda sejak dirinya masih 15 tahun. Total, bek yang memiliki darah Indonesia dari sang ibu itu sudah tampil 27 kali bersama timnas Belanda mulai dari U-15 hingga U-20.

Prestasi terbaik Walsh bersama timnas Belanda adalah menjadi juara Eropa U-17 2012. Kini, Walsh mulai tergoda membela Timnas Indonesia. Keinginannya itu mulai Walsh tunjukkan lewat hal kecil berbau Indonesia yang dia unggah melalui akun media sosial Instagram.

Kepada CNNIndonesia.com, Walsh mengaku sengaja menunjukkan kecintaannya kepada Indonesia untuk menghormati kakek-neneknya yang berasal dari Indonesia. Tak disangka, hal itu mendapat respons yang luar biasa dari para netizen asal Indonesia.
"Saya mengikuti bagaimana organisasi (PSSI) berjalan. Siapa tahu, di masa yang akan datang saya bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Keinginan itu muncul karena banyaknya dukungan yang saya terima melalui media sosial. Itu membuat saya ingin memberikan sesuatu untuk membalas mereka. Tapi saya belum memutuskannya," ucap Walsh.