Aksi Sri Mulyani Bermain Sepak Bola di SUGBK

Arby Rahmat , CNN Indonesia | Kamis, 23/11/2017 11:30 WIB
Aksi Sri Mulyani Bermain Sepak Bola di SUGBK Sri Mulyani sempat memamerkan kemampuannya menendang bola di SUGBK. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani berkunjung ke kompleks olahraga Gelora Bung Karno pada Kamis (23/11) pagi. Dalam kunjungan singkatnya tersebut, Sri Mulyani menyempatkan diri untuk bermain sepak bola.

Sri Mulyani mengawali kunjungannya dengan melihat perkembangan terkini dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018. Menteri 55 tahun itu tiba di stadion berkapasitas 76.152 kursi tersebut pukul 08.30 WIB.

Dalam kunjungan singkatnya, mantan Managing Director Bank Dunia itu ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua INASGOC Erick Thohir, Kepala Badan Ekonomi dan Kreatif Triawan Munaf, dan Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto.

“Untuk sarana dan pra-sarana itu (dibiayai) dua tahun anggaran. Tentu berharap persiapannya bisa berhasil dengan baik. Beberapa kali saya lewat kawasan ini, saya belum melihat kesiapannya,” kata Sri Mulyani di sela kunjungannya.
Stadion Utama Gelora Bung Karno jadi venue pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.Stadion Utama Gelora Bung Karno jadi venue pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
“Jadi saya (sempat) deg-degan. Untuk membuktikan, saya putuskan lihat ke sini saja. Saya lihat sudah baik,” katanya menambahkan.

Sri Mulyani tampak takjub melihat kondisi SUGBK saat ini. Ketika masuk ke area lintasan lari di pinggir lapangan sepak bola, Sri langsung memegang lintasannya yang menurutnya empuk.

Setelah itu, Sri Mulyani menuju ke lapangan sepak bola. Tepi lapangan sepak bola ditanami oleh rumput sintetis sedangkan area lapangan sepak bola menggunakan rumput asli.
Sri Mulyani melihat langsung kondisi lapangan SUGBK.Sri Mulyani melihat langsung kondisi lapangan SUGBK. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Sri Mulyani tampak antusias dan lantas mencoba kebolehannya dalam bermain sepak bola. Dia terlihat begitu bersemangat ketika salah satu petugas SUGBK menyodorkan bola ke arahnya.

Total sebanyak tiga kali Sri Mulyani menendang bola ke arah wartawan dengan semringah. Tak lama kemudian, Basuki ikut-ikutan bermain sepakbola dan beberapa kali melakukan tendangan penalti.
Sri Mulyani antusias melihat kondisi terkini Stadion Utama Gelora Bung Karno.Sri Mulyani antusias melihat kondisi terkini Stadion Utama Gelora Bung Karno. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Menurut Sri Mulyani, SUGBK saat ini adalah salah satu contoh manajemen pembangunan yang baik. Dia berterima kasih kepada Menteri PUPR yang melakukan persiapan Asian Games 2018 dengan baik.

“Bagus, senang sekali lihat rumput. Kalian pegang tidak ini? Ini beda sekali, benar lho. Kalian lihat tidak ini? Enak, ini tebal sekali,” ucap Sri Mulyani.

“Sepertinya saya tidak pernah membayangkan ada lapangan seluas ini. Ingin lihat ketika sudah selesai dan nanti jadi pesta pembukaan. Saya rasa masyarakat perlu bangga,” ucapnya melanjutkan.

Nostalgia Masa Muda

Sri Mulyani mengaku senang kegiatan pagi harinya dimulai dengan kunjungan ke SUGBK. Hal itu membuatnya sedikit bernostalgia tentang masa mudanya dulu.

“Ya impresif saat melihat [SUGBK]. Dulu waktu saya mahasiswa sering lari di sekitar sini. Jadi kalau melihat sekarang dan kemungkinan nanti kalau sudah selesai, akan baik dan bagus sekali kualitasnya,” ujar Sri Mulyani.
Sri Mulyani mengakui bahwa kompleks SUGBK menyimpan banyak kenangan untuknya.Sri Mulyani mengakui bahwa kompleks SUGBK menyimpan banyak kenangan untuknya. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
“Ini tentu akan menjadi salah satu pusat aktivitas bagi masyarakat. Jadi seluruh anggaran yang dikeluarkan tidak hanya untuk Asian Games 2018. Ini akan menjadi (fasilitas yang) memperindah Ibu Koa kita, menjadi tempat aktivitas masyarakat yang manfaatnya akan bisa dirasakan oleh semua,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengakui kompleks Gelora Bung Karno merupakan salah satu tempat bersejarah yang menyimpan banyak cerita bagi publik.

“Tentu saja seluruh kompleks seperti akuatik, tenis, karena dulu sewaktu kami muda, daerah sini adalah daerah aktivitas (yang ramai)."

"Kami semua punya memori yang sangat baik mengenai kompleks olahraga ini. Jadi kalau melihat sekarang direvitalisasi, rehabilitasi, dan dibangun kembali dengan baik, itu tentu akan menjadi salah satu paru-paru Ibu Kota yang sehat dan saya senang dengan hal itu," ujar Sri Mulyani. (ptr)