Bek Valencia Setuju Gol Messi Seharusnya Disahkan

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Selasa, 28/11/2017 09:58 WIB
Bek Valencia Setuju Gol Messi Seharusnya Disahkan Bek Valencia, Jose Luis Gaya, setuju gol Lionel Messi seharusnya disahkan wasit. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kontroversi gol Lionel Messi masih menjadi pembicaraan hangat para pecinta sepak bola seluruh dunia. Keputusan wasit Ignacio Iglesias Villanueva yang tidak mengesahkan gol Messi ke gawang Valencia mengundang kritikan keras tak hanya dari para pemain Barcelona.

Bahkan, sejumlah pemain Valencia setuju bahwa gol Messi seharusnya disahkan oleh wasit. Akibat keputusan Iglesias Villanueva, Barcelona hanya mampu bermain imbang 1-1 di kandang Valencia, Stadion Mestalla, Minggu (26/11).

Salah satu yang menyatakan sikap setuju adalah bek Valencia, Jose Luis Gaya. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu bahkan sempat terekam kamera BeIN Sports, menanyakan gol tersebut kepada gelandang Barca, Sergio Busquets, pada jeda babak kedua di lorong stadion.


"Apakah itu [bola] sudah melewati garis gawang?" demikian pertanyaan Luis Gaya kepada Busquets, dikutip dari AS.com.
Sergio Busquets sempat menerangkan kepada bek Valencia, Jose Luis Gaya, bola tendangan Lionel Messi sudah lewati garis gawang. (Sergio Busquets sempat menerangkan kepada bek Valencia, Jose Luis Gaya, bola tendangan Lionel Messi sudah lewati garis gawang. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
Busquets lantas menjawab pertanyaan Luis Gaya: "Itu jelas sekali sudah melewati garis gawang." Pernyataan pemain Blaugrana itu pun diikuti dengan anggukan Luis Gaya tanda setuju dengan keterangan dari pemain tim lawannya itu.


Sebelumnya, Busquets menyatakan sudah seharusnya La Liga Spanyol menggunakan teknologi seperti Video Assistant Referee (VAR) sehingga tak ada kontroversi seperti gol hantu Messi.
Jose Luis Gaya sempat bertanya kepada Sergio Busquets soal gol Lionel Messi. (Jose Luis Gaya sempat bertanya kepada Sergio Busquets soal gol Lionel Messi. (REUTERS/Heino Kalis)
"Banyak hal yang mungkin tidak semuanya bisa dipecahkan lewat VAR, tapi saya harap penerapan itu bisa sangat membantu atas kontroversi seperti ini," tutur Busquets dikutip dari Reuters.

"Itu merupakan sebuah evolusi yang kami butuhkan, sesuatu yang sangat dibutuhkan dan bukan hanya soal gol ini [gol hantu Messi]."

VAR merupakan teknologi tayangan ulang untuk membantu wasit melihat kejadian krusial di lapangan seperti pelanggaran, penalti, maupun gol. Wasit bisa menunda keputusan sebelum melihat VAR. (bac)