Manchester United vs Liverpool, Duel Pemburu Status Runner-up

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Jumat, 09/03/2018 08:50 WIB
Manchester United vs Liverpool, Duel Pemburu Status Runner-up Duel pertama Manchester United lawan Liverpool musim ini berakhir tanpa gol. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertandingan Manchester United vs Liverpool di Stadion Old Trafford, Sabtu (10/3), merupakan salah satu penentu predikat runner-up Liga Inggris musim ini.

Perburuan titel Liga Inggris tak lagi menyisakan cerita menarik. Hal yang paling menarik saat ini justru perburuan peringkat kedua antara sejumlah tim, termasuk Manchester United dan Liverpool.

Saat ini Manchester City ada di puncak klasemen dengan nilai 78 poin, unggul 16 angka atas Manchester United yang ada di posisi kedua. Meski secara matematis selisih angka itu bisa dikejar dengan sisa sembilan laga musim ini, namun melihat performa konsisten Manchester City, hal tersebut sulit untuk terwujud.


Karena itu dengan 'memasrahkan' gelar Liga Primer Inggris untuk Manchester City musim ini, perburuan posisi kedua Liga Primer Inggris jadi hal yang paling menarik untuk diamati di sisa musim.

Manchester United tentu tak ingin kehilangan muka saat tampil di Old Trafford.Manchester United tentu tak ingin kehilangan muka saat tampil di Old Trafford. (Reuters/Jason Cairnduff)
Manchester United saat ini ada di atas angin dalam perburuan tersebut, namun Liverpool hanya berjarak dua angka dari 'Setan Merah'. Karena itu laga Manchester United lawan Liverpool di Old Trafford benar-benar memegang peranan penting dalam duel ini.

Bila Manchester United mampu mengalahkan Liverpool, maka selisih poin di antara keduanya melebar jadi lima poin. Namun bila Liverpool sukses mencuri kemenangan di Old Trafford, maka Liverpool akan menggusur Manchester United dari posisi kedua.

Tottenham Hotspur dan Chelsea yang ada di posisi keempat dan kelima pun siap memaksimalkan kesempatan untuk merapat ke atas lantaran adanya duel Manchester United lawan Liverpool. Bila laga berakhir imbang, maka Tottenham dan Chelsea bisa memangkas selisih poin dengan kedua tim tersebut secara bersamaan.

Liverpool berharap bisa meraih kemenangan di markas Manchester United.Liverpool berharap bisa meraih kemenangan di markas Manchester United. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)
Chelsea akan menjamu Crystal Palace sedangkan Tottenham Hotspur akan bertandang ke markas Bournemouth. Melihat duel tersebut, Chelsea dan Tottenham punya peluang lebih bagus untuk meraih poin dan merapatkan jarak dengan Manchester United dan Liverpool.

Hal itulah yang kemudian jadi alasan tambahan selain rivalitas panjang kedua klub yang membuat duel Manchester United lawan Liverpool jadi duel terpanas pekan ini. (har)