Timnas Indonesia Kalahkan Singapura 3-0

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Rabu, 21/03/2018 20:28 WIB
Timnas Indonesia Kalahkan Singapura 3-0 Febri Hariyadi membuka keunggulan Indonesia atas Singapura. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Singapura 3-0 dalam pertandingan persahabatan menghadapi timnas Singapura U-23 di Stadion Nasional Singapura, Rabu (21/3).

Turun dengan formasi 4-2-3-1, Muhammad Hargianto dan kawan-kawan tidak kesulitan menguasai lini tengah dan merancang serangan. Kualitas individu yang ditambah dengan kecepatan menjadi keunggulan tim Merah Putih.

Sejak kick-off lini tengah Singapura dibuat lebih sibuk membantu pertahanan.


Namun upaya anak asuh Luis Milla untuk mencetak gol cepat tidak berhasil. Kombinasi serangan dari sayap yang diakhiri dengan umpan silang ke kotak penalti kerap tidak menemui sasaran.

Ezra Walian yang bertugas sebagai ujung tombak kesulitan menerima umpan. Bola kiriman Osvaldo Haay, Febri Hariyadi, I Putu Gede Juni Antara, dan Rezaldi Hehanusa lebih sering disapu pertahanan The Young Lions.

Egy Maulana Vikri mendapat kesempatan bermain ketika Timnas Indonesia U-23 menghadapi timnas Singapura U-23.Egy Maulana Vikri mendapat kesempatan bermain ketika Timnas Indonesia U-23 menghadapi timnas Singapura U-23. (AFP PHOTO / VISIONSTYLER PRESS / KIM DOO-HO)
Sering memaksimalkan sayap, Timnas Indonesia U-23 seskali juga memanfaatkan tembakan jarak jauh seperti yang dilakukan Febri pada menit ke-10. Namun bola sepakan pemain Persib itu masih dapat dimentahkan kiper Zarfan Rohaizad.

Di tengah kepungan serangan Timnas Indonesia yang membuat pertandingan seperti berlangsung setengah lapangan saja, Singapura beberapa kali mencuri kesempatan membangun serangan lewat sayap kanan.

Pada menit ke-25, skuat Garuda mendapat peluang emas setelah pemain Singapura gagal mengantisipasi umpan panjang. Ezra yang bergerak cepat menguasai bola berhasil berhadapan satu lawan satu dengan Zarfan. Namun tembakan Ezra gagal mengubah skor setelah Zarfan menghalau bola dengan kaki kirinya.

Indonesia baru mencetak gol ketika pertandingan menyisakan satu menit di babak pertama. Tembakan jarak jauh Febri Hariyadi yang akurat membuat bola meluncur masuk ke gawang Singapura.

Luis Milla kembali meraih kemenangan atas tim asal Asia Tenggara.Luis Milla kembali meraih kemenangan atas tim asal Asia Tenggara. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Di awal babak kedua anak asuh Luis Milla tidak kehilangan kendali permainan. Meskipun Singapura sempat menggebrak dengan peluang, tim Garuda mampu memberikan respons tepat.

Febri yang berada di sisi kiri menyodorkan bola ke Hargianto. Setelah melewati satu pemain, Hargi melepaskan bola dari jarak jauh yang bersarang di sisi kanan bawah gawang Singapura.

Setelah skor berubah pada menit ke-51, Timnas Indonesia tampak sedikit kendur. Singapura sempat memanfaatkan kelengahan, beruntung The Young Lions tidak mampu memaksimalkan peluang di dalam kotak 16.

Memasuki menit ke-65 akselerasi Febri berhasil menembus lini pertahanan Singapura. Umpan tariknya kemudian berhasil diselesaikan Septian David Maulana dan keunggulan Indonesia menjadi 3-0.

Setelah kebobolan tiga kali, Singapura berupaya mencetak gol pelipur lara. Namun barisan pertahanan yang digalang Andi Setyo Nugroho masih cukup tangguh menghalau serangan.

Sesekali kecepatan pemain Indonesia masih digunakan di sisa waktu pertandingan untuk membuat kans mencetak gol keempat.

Namun hingga laga usai, Indonesia gagal menambah gol dan Singapura tak mampu menghindari kekalahan tiga gol tanpa balas di kandang.

Susunan pemain inti Timnas Indonesia U-23:
Awan Setho Raharjo; I Putu Gede Juni Antara, Ricky Fajrin, Andi Setyo, Rezaldi Hehanusa; Zulfiandi, M Hargianto; Febri Hariyadi, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay;
Ezra Walian
(bac)