Colin Edwards: Rossi Bisa Membalap di MotoGP 10 Tahun Lagi

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Minggu, 29/04/2018 13:43 WIB
Colin Edwards: Rossi Bisa Membalap di MotoGP 10 Tahun Lagi Colin Edwards sebut Valentino Rossi masih bisa membalap di MotoGP hingga 10 tahun lagi. (Getty Images/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pebalap MotoGP, Colin Edwards, mengatakan Valentino Rossi bisa terus membalap di MotoGP hingga 10 tahun lagi jika ia mau.

Edwards hingga saat ini masih mengagumi mantan rekannya itu ketika masih di Yamaha. Ia dan The Doctor memang pernah satu tim selama dua tahun sejak 2005 lalu.

"Valentino [Rossi] akan selalu berada di barisan depan [balapan MotoGP]. Ia bisa saja membalap di MotoGP untuk 10 tahun lagi jika ia mau," terang Edwards seperti dikutip dari Speedweek.


"Ia adalah pebalap yang selalu membuat kejutan. Di balapan, ia selalu berada di barisan depan."

Edwards menilai usia sama sekali tidak menghalangi pebalap asal Italia itu untuk terus berkarier di MotoGP. Ia pun yakin Rossi masih bisa bersaing dengan para pebalap jagoan lainnya macam Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.
Colin Edwards: Rossi Bisa Membalap di MotoGP 10 Tahun LagiColin Edwards masih mengagumi kehebatan Valentino Rossi. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Mantan pebalap yang pensiun di MotoGP pada 2014 itu juga mengomentari rekan baru Rossi, Maverick Vinales, yang juga memiliki potensi juara di MotoGP 2018.

"Vinales merupakan sosok pebalap yang memiliki kemampuan komplet. Saya sangat menyukai gaya balapannya. Ia adalah mesin [balapan]," tutur pria 44 tahun tersebut.

"Ia bukan pebalap yang nekat. Ia akan membalap sesuai gaya dan batasan kemampuannya. Ia sudah menghidupkan olahraga ini dan memiliki masa depan yang cerah."

Edwards juga menungkapkan kesan-kesannya terhadap Marquez yang disebutnya tetap menjadi favorit juara di MotoGP tahun ini.

Colin Edwards: Rossi Bisa Membalap di MotoGP 10 Tahun Lagi
"Marquez selalu impresif, kita tahu itu. Jika ada pebalap lain di depannya hanya dalam selisih beberapa detik, ia masih bisa menyalipnya."

"Bahkan jika balapan hanya meninggalkan setengah lap lagi, ia [Marquez] masih bisa menyalip pebalap di depannya," tegas Edwards.

Edwards sudah meraih 15 kali podium di balapan MotoGP, namun tak satu pun meraih podium pertama. Setelah pensiun selama setengah musim pada 2014, Edwards sempat direkrut Yamaha dan Michelin sebagai test driver.

Kini ia sibuk membangun pusat pelatihan Tornado Boot Camp di Texas yang merupakan negara bagian Amerika Serikat kelahiran Edwards. Ia juga aktif sebagai komentator salah satu televisi yang menayangkan MotoGP.

MotoGP Spanyol yang merupakan seri keempat MotoGP 2018 bisa disaksikan secara live streaming melalui CNNIndonesia.com pada 6 Mei mendatang. (bac)