Laporan dari Bangkok

Indonesia Kalah dari China di Piala Uber 2018

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 23/05/2018 12:23 WIB
Indonesia Kalah dari China di Piala Uber 2018 Gregoria Mariska menyumbang satu poin untuk Indonesia. (Dok. PBSI)
Bangkok, CNN Indonesia -- Indonesia harus puas menjadi runner-up Grup D Piala Uber 2018 setelah kalah dari China di Impact Arena, Bangkok, Rabu (23/5).

Indonesia tertinggal 0-1 setelah Fitriani kalah dari Chen Yufei di partai pertama. Setelah kalah 10-21 di gim pertama, Fitriani tampil lebih baik di gim kedua.

Duel antara Fitriani lawan Chen Yufei lebih berimbang dan bahkan Fitriani sempat unggul 12-10. Namun setelah itu Chen Yufei meraih lima poin beruntun dan berbalik unggul 15-12. Chen Yufei tak lagi terkejar dan sukses menutup laga dengan angka 21-15.


China lalu memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat kemenangan Chen Qingchen/Jia Yifan atas Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Pada gim pertama duel berjalan imbang hingga kedudukan 8-8, namun setelah itu Chen/Jia mampu lepas dari tekanan Greysia/Apriyani. Raihan lima poin beruntun membuat Chen/Jia melesat meninggalkan Greysia/Apriyani dengan skor 18-10 dan akhirnya menutup gim pertama dengan kemenangan 21-13.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu kalah dari Chen Qingchen/Jia Yifan.Greysia Polii/Apriyani Rahayu kalah dari Chen Qingchen/Jia Yifan. (Dok. Humas PBSI)
Masuk ke gim kedua, Greysia/Apriyani kembali lebih sering tertinggal. Saat Chen/Jia mendapat match point di angka 20-16, Greysia/Apriyani mampu menggagalkan tiga match point dan mendekat ke angka 20-19. Namun, akhirnya Chen/Jia mampu menutup gim kedua dengan skor 21-19.

Indonesia lalu berhasil memperkecil kedudukan menjadi 2-1 lewat penampilan apik Gregoria. Menghadapi Gao Fangjie, Gregoria menang dua gim langsung dengan 23-21 dan 21-16.

"Tadi saya enjoy saja, menikmati permainan, tidak merasa dibebankan tunggal harus ambil poin karena memang mereka bertiga [para pemain China] di atas kami semua," ujar Gregoria usai pertandingan.


"Tadi setelah Fitriani tidak bisa ambil [poin], saya termotivasi. Saya pikir masak sih tunggal satu pun tak ada yang bisa ambil kemenangan," ucap Gregoria.

China pada akhirnya mampu memastikan kemenangan 3-1 di laga keempat. Duet Huang Yaqiong/Tang Jinhua mengalahkan Della Destiara/Rizki Amelia dengan 21-16 dan 21-16.

Masih ada satu laga tersisa yaitu Ruselli Hartawan lawan Li Xuerui. Namun, hasil akhir duel tersebut tak akan mempengaruhi hasil keseluruhan Indonesia lawan China.
(ptr/har)




BACA JUGA