Madrid vs Liverpool Bisa Terjadi di Fase Grup Musim Depan

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Minggu, 27/05/2018 21:51 WIB
Madrid vs Liverpool Bisa Terjadi di Fase Grup Musim Depan Cristiano Ronaldo bisa kembali berjumpa Dejan Lovren pada musim 2018/2019. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertandingan final Liga Champions 2018 yang mempertemukan Real Madrid dan Liverpool dapat terulang di fase grup pada musim mendatang.

Real Madrid yang menjadi juara bertahan dipastikan akan tergabung ke dalam kelompok unggulan utama, sementara Liverpool yang mendapat jatah Liga Champions dari posisi di klasemen Liga Primer berada di zona unggulan ketiga.

Selain Los Blancos, di zona unggulan utama terdapat tujuh kesebelasan lain yaitu Atletico Madrid sebagai juara Liga Europa beserta Barcelona, Bayern Munchen, Manchester City, Juventus, Paris Saint-Germain, dan Locomotiv Moskow.


Sementara Liverpool menghuni kelompok unggulan ketiga bersama AS Roma, Schalke 04, Olympique Lyon, AS Monaco dan CSKA Moskow.

Real Madrid dan Liverpool bertemu di final Liga Champions 2017/2018.Real Madrid dan Liverpool bertemu di final Liga Champions 2017/2018. (REUTERS/Andrew Boyers)
Dua calon penghuni kelompok unggulan ketiga adalah FC Salzburg dan Ludogorets Razgrad. Kedua kesebelasan tersebut harus melewati fase play-off untuk tampil di Liga Champions.

Madrid dan Liverpool yang berada di dua kelompok unggulan berbeda punya kemungkinan bertemu di fase grup.

Madrid vs Liverpool Bisa Terjadi di Fase Grup Musim Depan
Los Merengues dan The Reds terakhir kali berada di grup yang sama di Liga Champions pada musim 2014-2015. Ketika itu Madrid menjadi juara Grup B dengan meraih nilai sempurna. Dari enam pertandingan, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berhasil meraih 18 poin.

Liverpool yang mengalami dua kekalahan dari Madrid, masing-masing 0-1 dan 0-3, harus puas berada di peringkat ketiga dan tersisih dari Liga Champions ke Liga Europa.

Pengundian fase grup Liga Champions 2018/2019 akan berlangsung 30 Agustus di Grimaldi Forum, Monako.

Daftar klub yang sudah dipastikan tampil di fase grup Liga Champions 2018/2019:

Unggulan 1:
Atletico Madrid, Barcelona, Bayern Munich, Juventus, Lokomotiv Moscow, Manchester City, Paris Saint-Germain, Real Madrid

Unggulan 2:
Borussia Dortmund, Manchester United, Napoli, Porto, Shakhtar Donetsk, Tottenham Hotspur

Unggulan 3:
CSKA Moscow, Liverpool, Lyon, Monaco, Roma, Schalke 04

Unggulan 4:
1899 Hoffenheim, Club Brugge, Galatasaray, Inter Milan, Valencia, Viktoria Plzen (nva)