Legenda MotoGP Bicara Soal Marquez yang Sering Terjatuh

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Minggu, 10/06/2018 12:42 WIB
Legenda MotoGP Bicara Soal Marquez yang Sering Terjatuh Marc Marquez sering terjatuh di MotoGP dalam beberapa musim terakhir. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda MotoGP Giacomo Agostini angkat bicara soal pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang sering terjatuh dalam beberapa musim terakhir.

Di usianya yang sudah 75 tahun, Agostini mengaku masih tetap menunggangi sepeda motor. Pria asal Italia itu pun lalu menyinggung juara bertahan MotoGP Marc Marquez yang kerap terjatuh di lintasan.

"Saya masih berkendara di jalanan, tetapi tidak mengikuti lomba, dan itu tidak apa-apa," ujar Giacomo Agostini dalam peluncuran produk Archivio Dainese dikutip dari Tuttomotoriweb.


"Pernah saya mengatakan kepada Marc: 'Jika saya terjatuh sesering Anda terjatuh, saya akan tewas lima sampai enam kali'," Agostini menambahkan.

Menurut Agostini inovasi dalam balapan sangat dibutuhkan. Pasalnya, banyak momen berbahaya dalam sejarah balapan sepeda motor. Tanpa kemajuan teknologi insiden jatuhnya pebalap dalam setiap musim bisa berujung kematian.

Dengan kemajuan teknologi, Marc Marquez kerap selamat dari kecelakaan berbahaya.Dengan kemajuan teknologi, Marc Marquez kerap selamat dari beberapa kali slip di lintasan. (REUTERS/Alessandro Bianchi)

"Kantong udara adalah inovasi yang hebat. Saya melihat begitu banyak pebalap keluar [lintasan] dengan tandu. Kecelakaan terburuk saya adalah di Sachsenring [MotoGP Jerman], saya menempuh 240km/jam, dan masuk ke genangan minyak, saya merasa sangat beruntung," Agostini menuturkan.

Sepanjang musim 2017 Marquez tercatat terjatuh sebanyak 27 kali, namun tetap menjadi juara MotoGP 2017. Sedangkan di musim ini pebalap asal Spanyol itu juga sempat terjatuh di MotoGP Amerika Serikat, MotoGP Spanyol, dan MotoGP Italia.

Di MotoGP Amerika Serikat, Marquez terjatuh di tikungan 13 saat kualifikasi. Sementara di MotoGP Spanyol, insiden terjatuhnya pebalap berjuluk The Baby Alien itu saat latihan bebas. Sedangkan di MotoGP Italia Marquez terjatuh ketika melakoni balapan.

Marquez sempat terjatuh di kualifikasi MotoGP Amerika Serikat, tetapi akhirnya menjadi pemenang dalam balapan.Marquez sempat terjatuh di kualifikasi MotoGP Amerika Serikat, tetapi akhirnya menjadi pemenang dalam balapan. (REUTERS/Jon Nazca)
Hanya saja, dengan teknologi yang sudah dikembangkan selama bertahun-tahun, Marquez berhasil selamat dari beberapa slip berhasil mengangkat sepeda motornya dengan menggunakan siku.

Marquez akan kembali beraksi pada balapan MotoGP Catalunya, 17 Juni mendatang. Balapan MotoGP Catalunya bisa disaksikan secara live streaming melalui CNNIndonesia.com. (sry)


BACA JUGA