4 Warisan Rekor Abadi Ronaldo di Real Madrid

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 18:59 WIB
4 Warisan Rekor Abadi Ronaldo di Real Madrid Cristiano Ronaldo membukukan berbagai rekor gol di Real Madrid. (REUTERS/Juan Medina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cristiano Ronaldo resmi hengkang dari Real Madrid menuju Juventus musim depan. Namun, ada empat catatan rekor Ronaldo di Rel Madrid yang menjadi warisan dan amat sulit digeser pemain lain.

Ronaldo pertama kali menginjakkan kakinya di Santiago Berbaneu pada 2009 silam. Rentetan prestasi sudah dipersembahkan termasuk prestasi atas namanya sendiri selama sembilan tahun di Real Madrid.
Ronaldo mempersembahkan dua gelar La Liga buat Real Madrid, dua gelar Copa del Rey serta empat gelar juara Liga Champion secara berturut-turut sejak musim 2013/2014 sampai 2017/2018.

Dilansir sportskeeda, berikut empat rekor abadi Ronaldo di Real Madrid:


1. Hatrick terbanyak untuk Real Madrid di La Liga

Berbicara soal Ronaldo otomatis bicara soal kemampuannya mencetak gol. Kapten Timnas Portugal itu menjadi mesin pencetak gol selama berseragam El Real.
Cristiano Ronaldo telah mencetak 450 gol untuk Real Madrid.Cristiano Ronaldo telah mencetak 450 gol untuk Real Madrid. (REUTERS/Susana Vera)
Selama sembilan tahun bermarkas di Santiago Bernabeu, Ronaldo tercatat melakukan 34 hattrick di La Liga atas namanya sendiri. Sampai saat ini, tidak ada pemain lain di Real Madrid yang mengoleksi lebih dari 10 kali hattrick.

Rekor Ronaldo untuk trigol terbanyak di La Liga bisa saja dipatahkan Lionel Messi yang saat ini mencatatkan 30 hattrick atas namanya untuk Barcelona.

2. Gol terbanyak buat Real Madrid

Sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2009, Ronaldo telah memainkan sepak bola dengan level permainan yang tinggi. Terbukti, selama sembilan tahun ia sudah mengoleksi 450 gol buat Los Blancos dari 438 pertandingan dengan rasio 1,03 gol per pertandingan.
Cristiano Ronaldo menjadi andalan Real Madrid untuk membobol gawang lawan.Cristiano Ronaldo menjadi andalan Real Madrid untuk membobol gawang lawan. (REUTERS/Heino Kalis)
Saat ini, saingan terdekatnya dalam hal gol terbanyak yakno Karim Benzema yang memiliki 193 gol. Meski begitu, sulit bagi Benzema untuk bisa melampaui torehan CR7.

Butuh waktu beberapa dekade atau bahkan berabad-abad untuk bisa melewati catatan jumlah gol yang dibuat Ronaldo bersama Real Madrid.

3. Penghargaan sepatu emas terbanyak di Liga Domestik Eropa

Real Madrid menjadi klub dengan catatan 13 gelar juara Liga Champions sampai saat ini. Empat gelar di antaranya diraih ketika Ronaldo masih memperkuat El Real [2013/2014, 2015/2016, 2016/2017 dan 2017/2018].
4 Warisan Rekor Abadi Ronaldo Di Real Madrid
Dari empat gelar Real Madrid di Liga Champions bersama Ronaldo, pemain asal Portugal itu memenangkan tiga sepatu emas di antaranya. Ronaldo meraih penghargaan sepatu emasnya pada 2011, 2014 dan 2015.

Ronaldo mencetak 40 gol untuk Real Madrid di musim 2011 dan menorehkan 31 gol di 2014. Pada musim 2015, Ronaldo berhasil menciptakan 48 gol buat Real Madrid yang membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak di liga domestik Eropa.

4. Gol terbanyak di Liga Champions

Prestasi Cristiano Ronaldo di Liga Champions UEFA sangat mencengangkan. Megabintang itu telah memenangkan lima trofi juara di Liga Champions dan memainkan peran penting dalam semua edisinya.
Hanya beberapa tim di dunia yang telah mencetak lebih banyak gol daripada Ronaldo. Ia tercatat sudah membobol gawang musuh-musuh Real Madrid sebanyak 105 kali.

Hanya dua pemain dalam sejarah sepak bola yang mencatatkan lebih dari 100 gol di Liga Champions. Selain Ronaldo, ada Lionel Messi yang sudah mencetak 100 gol buat Barcelona. (nva)