Manchester United Menang 2-1 di Laga Pembuka Liga Inggris

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Sabtu, 11/08/2018 03:53 WIB
Manchester United Menang 2-1 di Laga Pembuka Liga Inggris Paul Pogba mencetak gol pertama untuk Manchester United sekaligus gol pembuka Liga Inggris 2018/2019. (REUTERS/Darren Staples)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United meraih kemenangan 2-1 atas Leicester City dalam laga pembuka Liga Inggris 2018/2019 di Stadion Old Trafford, Jumat (10/8) waktu setempat.

Man United menjamu Leicester dengan memainkan Paul Pogba bersama Fred dan Andres Pereira di lini tengah. Pogba yang tidak ikut sesi pramusim langsung mendapat menit bermain setelah sukses di Piala Dunia 2018 bersama Prancis.

Mirip dengan Pogba di Man United, Leicester juga memainkan Harry Maguire sebagai jenderal di area pertahanan kendati belum cukup lama bergabung ke tim setelah membela Inggris di Piala Dunia.


Man United mendapat penalti ketika laga belum genap berjalan dua menit karena handsball Daniel Amartey di dalam kotak 16. Pogba yang menjadi eksekutor dari titik 12 pas berhasil menunaikan tugas dan membawa tuan rumah memimpin 1-0.

Leicester yang berupaya menekan pertahanan Man United sejak awal laga kembali melakukan pressing setelah tertinggal.

Jose Mourinho mengamankan tiga poin pertama untuk Manchester United di laga pembuka Liga Inggris 2018/2019.Jose Mourinho mengamankan tiga poin pertama untuk Manchester United di laga pembuka Liga Inggris 2018/2019. (Reuters/Andrew Boyers)
Unggul dalam penguasaan bola, Leicester kesulitan menciptakan peluang emas. Baru pada menit ke-29 sepakan dari dalam kotak penalti yang dilepaskan James Maddison memaksa David De Gea melakukan penyelamatan brilian dengan satu tangan.

Leicester terus membuat Man United tertekan. Penguasaan bola anak asuh Claude puel membuat pemain-pemain berkostum merah tidak bisa keluar dari daerah pertahanan sendiri.

Menjelang menitakhir babak pertama, anak asuh Jose Mourinho mampu keluar dari tekanan dan menciptakan tembakan ke gawang melalui Pogba dan Luke Shaw.

Man United yang kalah dalam penguasaan bola berhasil mempertahankan keunggulan tipis hingga turun minum.

James Maddison (kanan) menjadi pemain yang memberi ancaman di pertahanan Manchester United.James Maddison (kanan) menjadi pemain yang kerap mengancam pertahanan Manchester United di babak pertama. (Reuters/Andrew Boyers)
Di awal babak kedua Man United mencoba lebih aktif menyerang. Keinginan Leicester mengontrol pertandingan untuk menyamakan kedudukan membuat laga berjalan lebih sengit di babak kedua.

Untuk menambah daya gedor, pada menit ke-63 Claude Puel memasukkan Jamie Vardy dan Rachid Ghezzal menggantikan Amartey dan Maddison. Sementara empat menit kemudian Mourinho mengganti Marcus Rashford dengan Romelu Lukaku.

Kedua kesebelasan kerap kesulitan meneruskan bola ke daerah pertahanan lawan.

Hingga pada menit ke-75 Leicester mendapat peluang emas yang kembali digagalkan De Gea. Sontekan Demarai Gray masih dapat ditangkap De Gea.

Dua menit berselang giliran Kasper Schmeichel yang menyelamatkan gawang dari kans Romelu Lukaku. Kiper asal Denmark itu mengambil keputusan tepat dan cermat dalam waktu sepersekian detik untuk menutup celah di antara kakinya ketika berhadapan satu lawan satu dengan penyerang Belgia. Bola pun melambung melewati gawang.

Memasuki menit ke-83 gol kedua untuk Man United lahir dari kaki Luke Shaw. Menerima bla dari Juan Mata, Shaw melakukan sentuhan kecil untuk melewati Ricardo Pereira dan menyelesaikan peluang dengan kaki kiri ke gawang tim tamu.

Ketika laga memasuki injury time, Vardy berhasil memperkecil ketertinggalan Leicester dengan memanfaatkan bola kiriman Pereira yang membentur tiang gawang.

Skor 2-1 untuk Man United menjadi hasil akhir laga pembuka Liga Inggris 2018/2019.

Pemain inti Manchester United:
David de Gea; Matteo Darmian, Eric Bailly, Victor Lindelof, Luke Shaw; Fred, Andreas Pereira, Paul Pogba; Juan Mata, Marcus Rashford, Alexis Sanchez.

Pemain inti Leicester City:
Kasper Schmeichel; Daniel Amartey, Wes Morgan, Harry Maguire, Ben Chilwell; Wilfried Ndidi, Adrien Silva; Ricardo Pereira, James Maddison, Demarai Gray; Kelechi Iheanacho (nva)