Klasemen Medali Asian Games 2018, Indonesia Posisi Keenam

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Senin, 20/08/2018 06:18 WIB
Klasemen Medali Asian Games 2018, Indonesia Posisi Keenam (Dok. INASGOC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia menutup hari kedua pelaksanaan Asian Games 2018 dengan berada di peringkat keenam klasemen sementara perolehan medali.

Kontingen Indonesia meraih satu emas dan satu perak dari cabang olahraga taekwondo dan wushu. Emas Indonesia didapat Defia Rosmaniar nomor poomsae Individu dengan mengalahkan Salahshouri Marjan dari Iran di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (19/8).

Sedangkan satu medali perak disumbangkan Edgar Xavier Marvelo dari cabor wushu di nomor cangquan putra. Pada laga yang digelar di JIExpo, Minggu, Edgar berhasil meraih 9,72 poin dan duduk di posisi kedua.


Medali emas pada nomor tersebut menjadi milik Sun Peiyuwan dan China dengan skor 9,75. Sedangkan medali perunggu diraih Tsai Tsemin dari Taiwan.

Indonesi gagal menambah perolehan medali pada hari kedua setelah perenang I Gede Siman Sudartawa hanya finis di urutan kedelapan di nomor 100 meter gaya punggung putra.

Siman mengaku gagal meraih prestasi karena kehilangan fokus saat lomba. Kendati demikian Siman masih memiliki kesempatan pada nomor 50 meter gaya punggung putra yang menjadi andalannya.

Defia Rosmaniar jadi peraih emas pertama kontingen Indonesia di Asian Games 2018.Defia Rosmaniar jadi peraih emas pertama kontingen Indonesia di Asian Games 2018. (REUTERS/Cathal Mcnaughton)
Selain Siman, Nurul Fajar Fitriati juga gagal naik podium setelah finis di posisi kedelapan dengan catatan waktu 2 menit 19,38 detik di nomor 200 meter gaya punggung putri.

Puncak klasemen medali ditempat China dengan 7 medali emas, 5 perak, dan empat perunggu. Di posisi kedua ada Jepang dengan 3 emas, 6 perak, dan 5 perunggu. Disusul Korea Selatan, Iran, dan Kazakhstan yang berada di atas Indonesia.

Sampai dengan saat ini hanya Indonesia, negara Asia Tenggara yang berada di 10 besar klasemen sementara klasemen medali Asian Games 2018. Thailand berada di posisi ke-11 dengan satu emas dan satu perunggu.

Edgar Xavier sukses mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia dengan merih perak.Edgar Xavier sukses mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia dengan merih perak. (REUTERS/Beawiharta)
Negara ASEAN lainnya yang berada di daftar medali adalah Filipina (15) dengan dua perunggu, sementara Malaysia (posisi 17) dengan torehan satu perunggu.

Pada hari ketiga Asian Games 2018, Senin (20/8), Indonesia memiliki kesempatan menambah medali lantaran Lindswell Kwok dan Juwita Niza akan tampil dalam laga final hari ini di cabor wushu dengan nomor taijijian putri serta nandao putri.

Cabor angkat besi juga punya kans memberikan medali tambahan lantaran lifter putra Indonesia, Surahmat, akan tampil di nomor 56kg dan lifter putri, Sri Wahyuni, berjuang di nomor 48kg.

Nomor beregu dressage cabor berkuda juga akan bertanding di final untuk memperebutkan satu medali tambahan bagi kontingen Indonesia.

10 Besar Klasemen Sementara Medali Asian Games 2018
    Negara           Emas Perak Perunggu
1. China             7       5       4
2. Jepang           3       6       5
3. Korea Selatan 2       3       6
4. Iran               2       2       1
5. Kazakhstan    1       1       2
6. Indonesia       1       1       0
7. Taiwan           1       0       3
8. Uzbekistan     1       0       2
9. India              1       0       1
9. Mongolia         1       0       1 (sry)