4 Kriteria Ideal Pengganti Luis Milla di Timnas Indonesia

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/09/2018 13:04 WIB
4 Kriteria Ideal Pengganti Luis Milla di Timnas Indonesia Kandidat pengganti Luis Milla di Timnas Indonesia setidaknya harus memiliki empat kriteria ideal. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI akan memastikan kontrak Luis Milla di Timnas Indonesia pada rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Senin (17/9) malam ini. Jika kontraknya tidak diperpanjang, berikut empat kriteria pelatih Timnas Indonesia pengganti Milla.

Negosiasi antara pihak Milla dengan PSSI dikabarkan alot. Pihak PSSI diklaim mengajukan nilai kontrak baru untuk gaji Milla yang berkurang setengahnya. Milla sebelumnya disebut-sebut mengantongi gaji hingga Rp2 miliar lebih setelah dipotong pajak.

Pihak agen pelatih asal Spanyol itu hingga kini belum memberikan respons soal pengajuan kontrak baru yang disiapkan PSSI. Kemungkinan besar pula induk sepak bola Indonesia itu bakal melepas mantan pemain Real Madrid dan Barcelona tersebut.


Pertanyaan yang kemungkinan mencuat adalah nama-nama pelatih yang dianggap ideal sebagai pengganti Milla. Berikut ulasan singkat CNNIndonesia.com soal empat kriteria ideal untuk menggantikan Milla:

1. Punya Visi Sama

Milla memang gagal memenuhi target membawa skuat Garuda ke semifinal Asian Games 2018. Namun, ia dinilai cukup berhasil membangun pondasi dalam hal karakter permainan Timnas Indonesia.

Evan Dimas dan kawan-kawan mulai lebih padu bermain dengan umpan-umpan pendek dan cepat. Skuat Garuda juga mampu memaksimalkan serangan-serangan dari sayap yang mampu merepotkan pertahanan lawan.

Memang belum bisa dibilang corak permainan 'Tiki-taka' yang diperagakan Timnas Indonesia, namun setidaknya para pemain bisa menjalankan instruksi Milla dengan baik. Untuk itu penting mencari pelatih yang satu visi dengan gaya permainan Milla di tim Merah Putih.

2. Paham Menerjemahkan Strategi Milla

Piala AFF 2018 kurang lebih dua bulan lagi. Sejatinya bukan waktu yang tepat untuk mengganti pelatih karena akan mengganti pula pakem strategi dari Milla. Risikonya besar jika merombak lagi strategi dalam waktu yang cukup mepet.

Bima Sakti masuk dalam kandidat pengganti Luis Milla di Timnas Indonesia. (Bima Sakti masuk dalam kandidat pengganti Luis Milla di Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jika Milla dipastikan tak lanjut melatih Merah Putih, tentu dibutuhkan pelatih yang paham menerjemahkan strategi pelatih asal Spanyol itu. Asisten Luis Milla, Bima Sakti, tentu jadi pilihan yang tepat dalam hal ini.

3. Berpengalaman Melatih Level Tim Nasional

Kriteria lain yang bisa jadi perhatian PSSI adalah calon pengganti Milla minimal juga berpengalaman melatih di level tim nasional. Untuk syarat ini, Bima Sakti tentu bukan sosok ideal karena ia belum berpengalaman menangani timnas Indonesia.

Nama-nama kandidat yang digadang-gadang seperti Rahmad Darmawan dan Simon McMenemy disebut sosok yang tepat. Rahmad pernah menangani Timnas Indonesia U-23, sedangkan McMenemy berpengalaman melatih timnas Filipina pada 2010.

4. Mengetahui Sepak Bola Indonesia

Kriteria terakhir yang tidak kalah penting adalah mengetahui betul seluk beluk sepak bola Indonesia. Dalam hal ini, calon pelatih pengganti Milla harus sudah memahami karakter para pemain Indonesia.

4 Kriteria Ideal Pengganti Luis Milla di Timnas IndonesiaSimon McMenemy juga masuk dalam bursa pelatih Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Kemampuan itu bahkan bisa menutupi kendala yang kerap dialami Milla dalam memahami karakter pemain, termasuk kendala bahasa.

Beberapa nama yang sempat disebut-sebut sebagai kandidat macam Bima Sakti, Simon McMenemy, Rahmad Darmawan, Jacksen F. Tiago, termasuk yang memenuhi kriteria karena sudah malang melintang di klub-klub tanah air. (bac/sry)