Jejak Miro Baldo Bento Jelang Timnas Indonesia vs Timor Leste

CNN Indonesia | Senin, 12/11/2018 10:44 WIB
Jejak Miro Baldo Bento Jelang Timnas Indonesia vs Timor Leste Miro Baldo Bento asisten pelatih timnas Timor Leste. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sosok Miro Baldo Bento menjadi sorotan jelang Timnas Indonesia vs Timor Leste pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (13/11).

Miro Baldo yang pernah menjadi striker andalan Timnas Indonesia, kini harus datang ke SUGBK sebagai musuh. Pasalnya, mantan striker PSM Makassar dan Persija Jakarta itu menjabat asisten pelatih Timor Leste yang dipimpin Norio Tsukitate.

Pada era 90-an, Miro Baldo pernah jadi andalan Timnas Indonesia. Ia berhasil menjadi top skor bersama Aji Santoso untuk Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 1998 dengan catatan tiga gol.


Miro Baldo saat itu masuk dalam bagian tim yang melakoni sejarah kelam 'sepak bola gajah' di Piala AFF 1998. Indonesia dan Thailand enggan memenangi pertandingan untuk menghindari Vietnam di semifinal.

Dalam laga tersebut, Miro Baldo menjadi pemain yang paling ngotot di laga ini. Pemain kelahiran Dili tersebut tampak tidak mempedulikan instruksi untuk mengalah dan tetap mencetak gol ke gawang Thailand.

Indonesia akhirnya kalah 2-3 dari Thailand dan berhak lolos ke semifinal melawan Singapura. Sialnya, Indonesia justru kalah 1-2 dari Singapura sementara Thailand juga dihajar 0-3 dari Vietnam.

Meski demikian, Indonesia berhasil membalaskan dendam atas Thailand pada laga penentu peringkat ketiga. Tim Merah Putih menang 5-3 lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 3-3 di waktu normal.

Karier sepak bola Miro Baldo akhirnya meredup setelah ia memutuskan pindah kewarganegaraan setelah Timor Leste memerdekaan diri dari Republik Indonesia.

Kini, Miro Baldo akan bereuni dengan mantan rekan setimnya di Timnas Indonesia: Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Kurnia Sandy yang saat ini menjadi staf pelatih skuat Merah Putih. (jun/ptr)