Mourinho Lebih Bagus Ketimbang Guardiola di Mata Maradona

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 11:52 WIB
Mourinho Lebih Bagus Ketimbang Guardiola di Mata Maradona Jose Guardiola dan Pep Guardiola ketika masih menangani tim di Spanyol. (AFP PHOTO / DOMINIQUE FAGET)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda sepak bola Argentina Diego Armando Maradona menyebut manajer Manchester United Jose Mourinho sebagai pelatih terbaik saat ini, mengalahkan Pep Guardiola yang pekan lalu mengantarkan Manchester City menang dalam derby Manchester.

Maradona yang saat ini melatih klub divisi dua Meksiko Dorado de Sinaloa mengatakan akan belajar dari juru latih asal Portugal itu untuk membenahi kekurangan sebagai seorang pelatih.

"Saya sebagai pelatih masih butuh belajar lebih banyak dan atas alasan itu saya pikir saya akan pergi ke Manchester dan bertanya banyak hal ke Mourinho," ujar Maradona menjawab pertanyaan Marca mengenai kemungkinan melatih di Spanyol.


Ketika ditanya mengapa harus belajar ke Mourinho, Maradona menjawab singkat, "Karena dia yang terbaik tidak diragukan lagi."

Maradona pun menilai Mourinho lebih baik dari Guardiola yang menurutnya mendapat keuntungan dari Johan Cruyff serta keberadaannya di klub-klub yang memiliki kekuatan finansial.

Diego Maradona ketika menyaksikan pertandingan timnas Argentina di Piala Dunia.Diego Maradona ketika menyaksikan pertandingan timnas Argentina di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Sergio Perez)
Kemenangan Man City atas Man United dalam duel satu kota di Stadion Etihad, Minggu (11/11), tidak membuat Guardiola mendapat nilai lebih ketimbang Mourinho.

"Saya sudah katakan berulang kali di lebih dari satu kesempatan bahwa tiki-taka tidak ditemukan oleh Guardiola. Itu adalah 'flaco' Cruyff. Saat ini Pep dapat memilih pemain yang ia inginkan. Itulah yang membuat tiki-taka lebih mudah," kata mantan pemilik nomor 10 di timnas Argentina itu.

Mourinho dan Guardiola sudah 22 kali bertemu dan pelatih asal Spanyol unggul dengan 11 kemenangan, sementara Mourinho hanya meraih lima kemenangan.

Kemenangan terakhir Guardiola atas Mourinho juga turut mempengaruhi posisi kedua tim yang diasuh dua sosok tersebut. The Citizens kukuh di puncak klasemen, sementara The Red Devils masih di papan tengah. (nva/jun)