Bima Sudah Tak Mau Pikirkan Peluang Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 12:44 WIB
Bima Sudah Tak Mau Pikirkan Peluang Timnas Indonesia Bima Sakti tak mau lagi memikirkan peluang Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, kembali menegaskan sudah tidak mau terlalu memikirkan peluang skuat Merah Putih di Piala AFF 2018.

Skuat Merah Putih kini berada di peringkat keempat dalam klasemen sementara Grup B dengan perolehan tiga poin. Poin ini sama dengan Singapura yang berada di peringkat ketiga.

Sedangkan Timnas Thailand memimpin Grup B dengan perolehan enam poin, diikuti Timnas Filipina dengan poin yang sama pada peringkat kedua.
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Bima Sakti, menyampaikan kepada para pemain agar melupakan kekalahan 2-4 dari Thailand di Stadion Rajamangala beberapa waktu lalu dan fokus menghadapi laga selanjutnya lawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (25/11).


"Banyak poin-poin penting yang harus diperbaiki. Yang pasti, kami akan menutup pertandingan di grup ini dengan memenangkan pertandingan," kata Bima kepada para awak media usai latihan pagi di Stadion Madya pada Rabu (21/11).

Bima Sudah Tak Mau Pikirkan Peluang Timnas IndonesiaBima Sakti mengaku pasrah soal peluang Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Soal lolos atau tidak, kami serahkan ke yang lebih kuasa [Tuhan]. Yang penting kami sudah berusaha maksimal, dan semoga saja yang terbaik untuk timnas kami," katanya menambahkan.

Suasana latihan Timnas Indonesia jelang lawan Filipina terpantau cukup menyenangkan dan tanpa tekanan. Bima mengaku sengaja membuat anak-anak didiknya untuk menikmatik latihan tersebut.

"Kami bikin enjoy ya, karena kesulitan yang paling berat itu adalah bangkit dari keterpurukan. Situasi memang tidak baik setelah kalah di Thailand kemarin, sehingga kami bikin agak rileks. Yang penting pemain bertanggungjawab [dengab tugasnya masing-masing di lapangan]," ucap dia.

Nasib Timnas Indonesia ditentukan dari duel Timnas Thailand lawan Filipina di Stadion Panaad pada hari ini.

Timnas Indonesia masih memiliki peluang melangkah ke semifinal jika Thailand meraih kemenangan atas Filipina. Namun jika laga berakhir seri, maka langkah Indonesia dipastikan terhenti di Piala AFF 2018.

Seandainya kemenangan diperoleh Filipina, pintu menuju babak semifinal pun kemungkinan besar akan tertutup bagi Timnas Indonesia.

Langkah Garuda di Piala AFF 2018 dipastikan masih bisa berlanjut meski Filipina mampu mengalahkan Thailand. Namun, dengan catatan Singapura harus kalah dari Timor Leste pada pertandingan lainnya. Jika Singapura bermain imbang atau menang atas Timor Leste, dan Filipina menang, Indonesia dipastikan tersingkir. Pasalnya, Singapura akan menghadapi Thailand di laga terakhir.

Lebih lanjut, Bima menegaskan Timnas Indonesia tidak latihan secara tertutup jelang lawan Filipina.

"Kami kan beri waktu lima belas menit sebelum latihan [untuk media], kan? Setelah itu, kami butuh konsentrasi. Saya pikir itu dari zaman coach Luis Milla [mantan pelatih kepala Timnas Indonesia asal Spanyol], kami sudah sering sampaikan," ujar Bima.

"Karena kami harus mengatur [tim]. Tim-tim luar saja langsung [latihan tanpa 15 menit awal diliput media], dan lebih fokus. Karena kalau ada kamera di samping atau bagaimana, akan berpengaruh ke materi latihan," ujarnya melanjutkan. (map/bac)