6 Fakta Unik Jelang Pertandingan PSG vs Liverpool

CNN Indonesia | Rabu, 28/11/2018 11:41 WIB
6 Fakta Unik Jelang Pertandingan PSG vs Liverpool Neymar merayakan gol Kylian Mbappe ke gawang Liverpool pada matchday pertama Liga Champions. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laga pekan kelima Liga Champions 2018/2019 menampilkan pertandingan yang sengit dan menentukan antara Paris Saint-Germain dan Liverpool. Berikut fakta menarik jelang pertandingan PSG vs Liverpool.

PSG dan Liverpool membutuhkan kemenangan untuk memastikan tidak tersisih di fase grup Liga Champions. Saat ini Les Parisiens berada di peringkat ketiga Grup C dengan lima poin, tertinggal satu angka dari Liverpool yang menempati peringkat kedua.

"Mereka (Neymar dan Kylian Mbappe) bugar. Mereka baik-baik saja. Mereka melakukan latihan penuh pada hari ini dan kemarin. Tidak ada masalah, mereka akan bermain," ujar pelatih PSG Thomas Tuchel mengenai dua pemainnya yang sempat mengalami cedera dalam laga internasional seperti dikutip France 24.


Sementara menanggapi laga menghadapi tuan rumah, Juergen Klopp memilih menyanjung lawan termasuk sang pelatih.

"Saya merasa Paris tidak akan merasakan tekanan. Saya mengenal baik Thomas Tuchel, dan saya yakin dia akan memastikan anak asuhnya mengabaikan apa yang terjadi di luar. Mereka ingin lolos dari grup dan itu cukup jadi motivasi bagi mereka," ujar Klopp dilansir The Guardian.

Mohamed Salah tidak mencetak gol ke gawang PSG pada pertemuan pertama di Anfield.Mohamed Salah tidak mencetak gol ke gawang PSG pada pertemuan pertama di Anfield. (REUTERS/Russell Cheyne)
Berikut fakta menarik jelang pertandingan PSG vs Liverpool

1. Kedua kesebelasan sama-sama membutuhkan satu kemenangan lagi di Liga Champions untuk meraih 50 kemenangan dalam putaran final kompetisi antarklub nomor satu di Eropa.

2. Selain pertemuan pertama antara PSG dan Liverpool di Liga Champions tahun ini yang berakhir 3-2 untuk The Reds, wakil Prancis dan Inggris itu pernah bertemu dalam semifinal Piala Winners musim 1996/1997. Dalam pertemuan dua leg itu, PSG menang 3-0 di laga pertama dan Liverpool menang 2-0 di laga kedua.

3. Tuchel pernah menggantikan posisi yang ditinggalkan Klopp. Tuchel menjadi pelatih Mainz pada 2009 atau setahun setelah Klopp menangani Mainz sejak 2001 hingga 2008. Setelah itu Tuchel menjadi suksesor Klopp di Dortmund pada 2015.

4. Gelandang Liverpool, Fabinho, pernah bermain bersama penyerang PSG, Kylian Mbappe, di AS Monaco pada 2015 hingga 2017. Kedua pemain itu juga membawa Monaco menjadi juara Ligue 1 pada musim 2016/2017.

5. Sejak kekalahan 0-1 dari Manchester City pada perempat final Liga Champions 2015/2016, PSG selalu mencetak gol dalam 20 pertandingan di Liga Champions. Dalam delapan laga kandang terakhir menghadapi tim Inggris, PSG meraih tiga kemenangan, empat kali seri, dan satu kali kalah.

6. Liverpool hanya kalah sekali dari tujuh laga tandang ke Prancis, namun dalam tiga laga terakhir berakhir dengan dua hasil seri dan sekali kalah. Total The Reds mencatat empat kemenangan, dua seri dan kalah sekali ketika bertamu ke Prancis. (nva/bac)