Menang 2-1 atas Mitra Kukar, Persija Juara Liga 1 2018

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 17:29 WIB
Menang 2-1 atas Mitra Kukar, Persija Juara Liga 1 2018 Marko Simic mencetak dua gol Persija di laga melawan Mitra Kukar. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 2018 setelah mengalahkan Mitra Kukar 2-1 dalam laga pekan ke-34 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (9/12) sore. Persija mengumpulkan 62 poin, unggul satu poin atas PSM Makassar.

Tim tuan rumah mengawali laga dengan agresif. Sejak menit-menit awal para pemain Persija gencar menyerang untuk mencetak gol perdana.
Seluruh pemain berseragam merah rajin menjemput bola di daerah permainan lawan sehingga menyulitkan Mitra Kukar mengembangkan permainan. Bahkan pertandingan sempat berjalan di separuh lapangan saja. Kendati demikian, Marko Simic dan kawan-kawan tidak mampu leluasa membukukan peluang.

Memasuki menit ke-15, Persija mendapat penalti setelah wasit Prasetyo Hadi menunjuk titik putih. Wasit asal Jawa Timur itu menilai Saepuloh Maulana melanggar Marko Simic yang terjatuh. Penyerang asal Kroasia itu menjadi eksekutor tendangan 12 pas yang mampu membobol gawang Yoo Jaehoon.


Intensitas laga tetap terjaga karena tim tamu tidak menyerah untuk mengejar ketertinggalan. Serangan balik memanfaatkan dua atau tiga pemain menjadi satu-satunya cara bagi Naga Mekes untuk mencuri kesempatan.
Marko Simic mencetak dua gol dalam laga terakhir Persija di laga menghadapi Mitra Kukar, Minggu (9/12).Marko Simic mencetak dua gol dalam laga terakhir Persija di laga menghadapi Mitra Kukar, Minggu (9/12). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sebelum turun minum, Rohit Chand dan Renan da Silva membukukan peluang yang gagal berbuah gol sehingga laga babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Memasuki babak kedua Persija tidak menurunkan tempo pertandingan. Riko Simanjuntak menghadirkan ancaman pada menit ke-49 yang gagal dituntaskan Ramdani Lestaluhu yang baru masuk pada babak kedua menggantikan Sandi Sute.

Lima menit berselang giliran Mitra Kukar yang mencuri kesempatan melalui Mauricio Leal, namun laju bola yang tidak kencang masih dapat diamankan Andritany.

Persija mencetak gol kedua pada menit ke-59 melalui Marko Simic yang menyundul bola lambung. Sebuah kemelut di kotak penalti Mitra Kukar yang berasal dari tendangan sudut coba diredam Leal dengan menendang bola, namun bola yang melambung tinggi justru dimanfaatkan dengan baik oleh Simic.
Rezaldi Hehanusa kembali tampil setelah sempat mengalami masalah pada tumit.Rezaldi Hehanusa kembali tampil setelah sempat mengalami masalah pada tumit. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Gol kedua Persija mendapat protes dari pemain dan pelatih Mitra Kukar. Skuat tamu menilai gol tersebut tidak sah karena Yoo Jaehoon dihalangi Ramdani Lestaluhu.

Dua peluang tendangan bebas yang coba dimanfaatkan Septian David Maulana masih bisa diamankan Andritany.

Pada menit ke-67 wasit menunjuk titik 12 pas setelah Rohit Chand handsball di dalam kotak 16. Fernando Rodriguez Ortega yang maju sebagai algojo tidak mampu menaklukkan Andritany. Bola yang ditempatkan ke sisi kanan gawang dapat dibaca dan kemudian ditepis oleh kiper Timnas Indonesia itu.

Sebuah eksekusi tendangan bebas pada menit ke-75 kembali mengancam gawang tuan rumah. Tendangan bebas Anindito Wahyu berhasil ditangkap Andritany, namun benturannya dengan Saepuloh Maulana membuat bola terlepas dan Fernando menendang bola masuk ke gawang. Wasit tidak mengesahkannya menjadi gol dan memberi tendangan bebas untuk Persija.

Novri Setiawan gagal menambah gol Persija ketika mendapat peluang pada menit ke-81 setelah mendapat umpan dari Rohit Chand.
Pada menit ke-88, Mitra Kukar mencetak gol yang memperkecil ketertinggalan melalui Aldino Herdianto yang melepaskan tembakan jarak jauh. Andritany gagal membaca arah bola karena si kulit bulat sempat mengenai badan pemain bertahan Persija.

Skor 2-1 menjadi hasil akhir yang memastikan Persija meraih gelar juara Liga 1 2018. Persija berada di puncak klasemen dengan 62 poin, unggul satu poin atas PSM Makassar.

Dari laga lain yang berlangsung pada Minggu (9/12) PSM meraih kemenangan besar atas PSMS dengan skor 5-1. Sementara Perseru Serui mengalahkan Persipura Jayapura 2-0. Kemenangan juga diraih PS TIRA atas Borneo FC dengan skor 3-1. Sriwijaya yang bertamu ke Arema menelan kekalahan 1-2.

Susunan pemain inti Persija Jakarta:
Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanusa; Rohit Chand, Sandi Sute, Renan da Silva, Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan.

Susunan pemain inti Mitra Kukar:
Yoo Jaehoon; Saepuloh Maulana, Mauricio Leal, Dedy Gusmawan, Wiganda Pradika; Septian David Maulana, Luthfi Kamal Baharsyah, Anindito Wahyu, Hendra Bayauw, Fernando Ortega, Dedy Hartono.

(nva/bac)