Skenario Bila Liverpool, Napoli, dan PSG Punya Sembilan Poin

CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 18:28 WIB
Skenario Bila Liverpool, Napoli, dan PSG Punya Sembilan Poin Liverpool, PSG, dan Napoli bisa punya poin sama di akhir penyisihan grup. (REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool, Napoli, dan Paris Saint-Germain bisa memiliki poin sama, sembilan di akhir penyisihan grup Liga Champions. Berikut penjelasan klub yang lolos bila hal itu terjadi.

Saat ini Napoli jadi pemuncak klasemen grup C dengan nilai sembilan poin. Napoli unggul satu angka atas Paris Saint-Germain dan tiga angka atas Liverpool.

Ketiga tim bisa memiliki nilai sembilan pada akhir matchday keenam. Hal itu terjadi jika Liverpool mengalahkan Napoli dan di saat bersamaan PSG hanya bermain imbang lawan Red Star Belgrade.


Dengan kondisi ada tiga tim yang memiliki sembilan poin, maka Liverpool berhak lolos sebagai juara grup.

Napoli tidak pernah menelan kekalahan sejak bulan Oktober.Napoli tidak pernah menelan kekalahan sejak bulan Oktober. (REUTERS/Ciro De Luca)
Dikutip dari Mirror, jika ada tiga tim yang memiliki poin sama, maka penghitungan yang digunakan adalah head to head poin antara ketiga tim terlebih dulu.

Dengan berdasarkan pada hal tersebut, Liverpool bakal punya enam poin dengan rincian kemenangan atas PSG dan asumsi menaklukkan Napoli di Anfield.

Napoli dan PSG akan sama-sama memiliki koleksi lima poin. Napoli dan PSG meraih kemenangan atas Liverpool dan dua hasil imbang di antara kedua tim.

Penentuan runner up antara Napoli dan PSG kemudian nantinya bakal didasarkan selisih gol. Pertarungan Liverpool lawan Napoli bakal turut berperan dalam selisih gol Napoli di akhir penyisihan grup.

PSG harus menghadapi Red Star Belgrade yang dikenal tangguh di kandang.PSG harus menghadapi Red Star Belgrade yang dikenal tangguh di kandang. (REUTERS/Benoit Tessier)
PSG di atas kertas bisa mencuri kemenangan di markas Red Star. Namun Red Star selama ini dikenal kuat saat berlaga di kandang. Liverpool dan Napoli yang sudah mengunjungi markas Red Star pulang tanpa berhasil mencetak gol. Bila PSG menang, maka mereka akan langsung dipastikan lolos tanpa bergantung pada laga Liverpool lawan Napoli.

Liverpool kini dalam kondisi kepercayaan diri yang baik. The Reds baru saja merebut puncak klasemen Liga Inggris dari tangan Manchester City. Mohamed Salah juga tengah on fire karena mampu mencetak hattrick pada akhir pekan lalu.

Napoli juga berada dalam kondisi yang bagus. Sejak bulan Oktober, Napoli tidak menelan kekalahan. Dalam 12 pertandingan yang dilalui, Napoli mencatat sembilan kemenangan dan tiga hasil imbang. (ptr/nva)