Marc Marquez: Saya Tak Punya SIM Motor

CNN Indonesia | Selasa, 25/12/2018 06:07 WIB
Marc Marquez: Saya Tak Punya SIM Motor Marc Marquez belum memiliki SIM kendaraan roda dua. (REUTERS/Heino Kalis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara dunia MotoGP 2018 Marc Marquez mengaku tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) kendaraan roda dua.

Marquez yang memiliki tujuh gelar juara dunia balap motor, satu di kelas 125cc dan Moto2, serta lima di kelas MotoGP juga mengungkapkan bahwa tidak memiliki motor untuk dikendarai sehari-hari.

"Apa motor yang saya miliki? Saya bahkan tidak memiliki SIM motor. Ini bukan becanda. Ini serius. Saya harus mengikuti ujian [untuk mendapat SIM] suatu hari nanti, tampaknya itu akan berguna," ujar Marquez diansir dari Speedweek.


Dua tahun lalu dalam sebuah kesempatan wawancara, Marquez mengakui memiliki motor besar Harley Davidson Iron 883 namun hanya pernah mencoba sesekali lantaran tidak memiliki SIM dan merasa tidak cocok sehingga motor tersebut dikendarai oleh sang paman.

Marc Marquez: Saya Tak Punya SIM MotorMarc Marquez sudah menjalani tes pramusim 2019. (REUTERS/Toru Hanai)
Pria 25 tahun itu hingga kini hanya mengantongi SIM mobil yang ia dapat tahun 2011 atau ketika masih berusia 18 tahun setelah mengikuti proses ujian teori dan praktik pembuatan SIM di tengah-tengah jadwal balapan Moto2.

Marquez menjadi daya tarik dalam dunia balap MotoGP setelah tampil mendominasi balapan kelas utama tersebut sejak kali pertama balapan pada 2013 dan mengalahkan nama-nama besar seperti Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Seusai MotoGP 2018 dan menjelang musim balap MotoGP 2019 Marquez memilih melakukan operasi bahu dan kini mengisi waktu dengan beristirahat serta menjalani pemulihan sebelum tampil lagi dalam sesi tes di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Februari 2019.

Marquez akan berduet dengan Lorenzo dalam balapan musim depan setelah Dani Pedrosa yang menjadi rekan setimnya sejak 2013 memilih mundur dari lintasan MotoGP sebagai pebalap utama. (nva/jun)