Messi Butuh 68 Gol Lagi untuk Samakan Rekor Pele

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 07:45 WIB
Messi Butuh 68 Gol Lagi untuk Samakan Rekor Pele Lionel Messi butuh 68 gol lagi untuk menyamakan rekor Pele. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang Barcelona, Lionel Messi, butuh mencetak 68 gol lagi di seluruh kompetisi untuk menyamakan rekor legenda sepak bola asal Brasil, Pele.

Sejauh ini Pele tercatat sebagai pesepakbola di muka bumi ini yang memiliki gol terbanyak dalam kariernya memperkuat klub.

Dikutip dari AS, Pele tercatat mengoleksi 643 gol untuk Santos sepanjang kariernya sebagai pesepakbola di semua kompetisi.


Sementara itu, Messi sudah mengemas 575 gol sejauh ini atau butuh 68 gol lagi. Meski demikian, bintang asal Argentina tersebut hanya butuh 25 gol lagi untuk menggenapkannya menjadi 600 gol.
Mantan pesepakbola dunia Pele tercatat mengoleksi Mantan pesepakbola dunia Pele tercatat mengoleksi 643 gol untuk Santos. (Foto: REUTERS/Kevork Djansezian)
Jumlah itu juga berarti rekor tersendiri bagi La Pulga mencetak 600 gol untuk klub yang sama sepanjang kariernya sebagai pesepak bola.

Dengan catatan golnya dalam satu klub saat ini pun Messi sudah melampaui rekor para pesepakbola hebat lainnya. Ia mengalahkan mantan pemain seperti Gerd Mueller yang mengemas 565 gol untuk Bayern Munchen dan Eusebio (473 gol untuk Benfica).

Messi bahkan juga mengangkangi rival dekatnya, Cristiano Ronaldo, yang hanya mengemas 450 gol sepanjang kariernya di Real Madrid.

Messi sendiri mencatkan rata-rata gol 0,8 per pertandingan dalam 659 pertandingan resmi yang ia lakoni bersama Barcelona.

Dengan demikian secara teori, Messi bisa mencapai rekor Pele pada 78 pertandingan lagi atau berpeluang diraihnya pada akhir musim 2019/2020 nanti. (bac/bac)