Man City vs Chelsea, Wasit Bisa Cetak Rekor 100 Kartu Merah

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 13:48 WIB
Man City vs Chelsea, Wasit Bisa Cetak Rekor 100 Kartu Merah Mike Dean berpotensi cetak rekor kartu merah ke-100 di Liga Primer Inggris pada laga Manchester City melawan Chelsea. (REUTERS/David Klein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wasit Mike Dean bisa memecahkan rekor kartu merah saat laga Manchester City menjamu Chelsea pada laga Liga Primer Inggris, di Stadion Etihad, Minggu (10/2) malam waktu setempat.

Dean tercatat sebagai wasit yang terbanyak mengeluarkan kartu merah yakni sembilan kali dalam 19 laga di Liga Primer Inggris musim ini. Rinciannya adalah lima kartu merah tak langsung dan empat langsung.

Jumlah tersebut menyamai rekornya sendiri di Liga Primer Inggris pada musim 2015/2016 dan 2007/2008 dengan delapan kartu merah.


Dalam catatan Opta, total sudah 99 kartu merah yang keluar dari saku Dean di Liga Primer Inggris sejak kali pertama ia menjalani debut pada musim 2000/2001. Dengan begitu, satu kartu merah lagi yang dalam laga Man City vs Chelsea nanti bisa membuat Dean mencatatkan rekor memberikan 100 kartu di Liga Primer Inggris.

Mike Deand sudah mencatat 99 kali mengeluarkan kartu merah di Liga Primer Inggris. (Mike Dean tercatat sudah 99 kali mengeluarkan kartu merah di Liga Primer Inggris. (Reuters/Dylan Martinez)
Yang menarik, sudah empat kartu merah keluar dari saku Dean pada laga Manchester City melawan Chelsea. Catatan tersebut merupakan yang terbanyak dari wasit-wasit lainnya yang pernah memimpin di laga itu.

Dean juga paling banyak memimpin laga antara Chelsea dan Man City sebanyak sembilan pertandingan. Rekor itu juga lebih banyak dibandingkan para pengadil lapangan lainnya.

Wasit 50 tahun itu sebenarnya punya kesempatan mencetak sejararah 100 kali kartu merah di Liga Primer Inggris saat memimpin laga antara Leicester City menjamu Manchester United di Stadion King Power, akhir pekan lalu. Namun, tak satu pun kartu merah yang keluar dari sakunya.

Dean hanya mengeluarkan delapan kartu kuning pada pertandingan yang dimenangkan Setan Merah di kandang The Foxes.

Wasit yang menjalani debut pada usia 19 tahun itu pun disebut bakal mencetak sejarah kartu merah ke-100 yang ia keluarkan di Liga Primer Inggris saat laga Man City vs Chelsea. (bac/nva)