Sempat Unggul, Timnas Indonesia U-22 Ditahan Arema 1-1

CNN Indonesia | Minggu, 10/02/2019 17:59 WIB
Sempat Unggul, Timnas Indonesia U-22 Ditahan Arema 1-1 Timnas Indonesia U-22 kembali membuang keunggulan di laga uji coba. (Dok. Bhayangkara FC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-22 ditahan imbang Arema FC 1-1 meski sempat unggul pada laga uji coba di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (10/2).

Timnas Indonesia U-22 bermain di bawah tekanan Arema di babak pertama. Arema yang bertindak sebagai tuan rumah mendapat peluang pada menit ke-12. Namun, sundulan Johan Alfarizi menyambut sepak pojok hanya membentur tiang gawang.

Secara keseluruhan Arema terlihat bermain lebih tenang dan berpengalaman dalam membangun serangan di babak pertama. Sebaliknya Timnas sering melakukan kesalahan sendiri, terutama di lini tengah.


Beruntung bagi Timnas Indonesia U-22, Arema FC selalu membuang peluang emas yang didapat. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga akhir babak pertama.

Di awal babak kedua permainan Timnas Indonesia U-22 tidak banyak berubah dan lebih banyak dalam tekanan. Gawang tim Garuda Muda bahkan bergetar pada menit ke-69 setelah sundulan kapten Arema Hamka Hamzah tidak mampu dihentikan kiper Nadeo Argawita.

Timnas Indonesia U-22 terakhir akan menghadapi Madura United di laga uji coba.Timnas Indonesia U-22 terakhir akan menghadapi Madura United di laga uji coba. (Dok. Bhayangkara FC)
Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit Jumadi Effendi. Tidak jelas apa yang membuat wasit menganulir gol tersebut, karena Hamka tidak dalam posisi offside dan tidak ada pelanggaran yang dilakukan pemain Arema di kotak penalti.

Setelah gol Arema yang dianulir, permainan Timnas Indonesia U-22 menjadi lebih mengalir. Shot on goal pertama dilakukan gelandang Muhammad Rafli pada menit ke-73. Tendangan Rafli dari luar kotak penalti masih tepat ke pelukan Kurniawan Kartika Ajie.

Timnas Indonesia U-22 akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-74. Gelandang bertahan yang bermain untuk Arema FC, Hanif Sjahbandi, mampu mencetak gol untuk Timnas U-22 lewat tendangan placing ke pojok kiri gawang setelah melakukan kerja sama satu-dua dengan Todd Ferre.

Tertinggal satu gol membuat Arema bermain ekstra menyerang. Usaha itu membuahkan gol penyeimbang yang dicetak penyerang Roberto Lima Gladiator pada menit ke-86. Gol tidak lepas dari blunder yang dilakukan Nadeo.

Nadeo gagal mengantisipasi dengan sempurna tendangan mendatar Rivaldi Bawuo dari luar kotak penalti. Gladiator yang tidak terkawal kemudian dengan mudah menceploskan bola ke gawang Timnas Indonesia U-22.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta di sisa laga. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga akhir pertandingan Timnas Indonesia U-22 vs Arema.

Timnas Indonesia u-22 terakhir akan menjalani laga uji coba melawan Madura United, Selasa (12/2), sebelum tampil di Piala AFF U-22 2019.

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-22: Satria Tama; Asnawi Mangkualam, Dandi Maulana, Andi Setyo, Samuel Christianson; Kadek Agung; Billy Keraf, Sani Riski Fauzan, Gian Zola, Witan Sulaeman; Marinus Wanewar.

Arema FC: Utam Rusdiana; Ricky Ohorella, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Johan Alfarizi; Hendro Siswanto, Jayus Hariono, Makan Konate; Nasir, Robert Gladiator, Dedik Setiawan. (har/har)