Sergio Ramos: Saya Pendukung VAR

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 07:09 WIB
Sergio Ramos: Saya Pendukung VAR Damir Skomina sedang melihat tayangan ulang dari VAR. (REUTERS/Wolfgang Rattay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai mengantar Real Madrid menang 2-1 atas Ajax dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/2019, bek tengah Los Blancos Sergio Ramos mengaku menjadi pendukung keberadaan Video Assistant Referee (VAR) dalam sepak bola.

Kemenangan Madrid menjadi buah bibir lantaran wasit Damir Skomina menganulir gol Nicolas Tagliafico menjelang akhir babak pertama. Setelah melihat VAR, Skomina menganggap Dusan Tadic berada dalam posisi offside dan mengganggu pertandingan karena berada di depan Thibaut Courtois di saat Tagliafico menanduk bola.

Terlepas dari keputusan VAR, Madrid mampu mencetak gol melalui Karim Benzema dan Marco Asensio yang hanya bisa dibalas Ajax lewat Hakim Ziyech.


"Saya sering katakan saya adalah pendukung VAR karena itu membuat sepak bola lebih adil secara sedikit demi sedikit," ujar Ramos usai pertandingan seperti dikutip dari Eurosport.

"Kami membaca pertandingan dan menciptakan ruang menhgadapi mereka untuk mengambil keuntungan dari kecepatan kami, kami meraih hasil yang baik dan sekarang terserah mereka [Ajax] untuk menanggung derita di stadion kami," sambung bek timnas Spanyol itu.

Real Madrid memenangi laga pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 yang berlangsung di markas Ajax.Real Madrid memenangi laga pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 yang berlangsung di markas Ajax. (REUTERS/Wolfgang Rattay)
Selain Ramos, dukungan VAR dalam laga antara Ajax dan Madrid juga disuarakan Courtois. Pilihan utama Santiago Solari di bawah mistar itu menganggap keputusan yang diambil Skomina sudah tepat.

"Keputusan tepat? Saya rasa iya. Saat itu terjadi saya pikir itu offside. Ketika bola disundul saya ingin menangkapnya. Karena ada dia [Tadic] saya membuat pergerakan yang cepat. Beruntung ada VAR karena tidak ada yang akan melihatnya," ucap Courtois.

Kemenangan 2-1 atas Ajax membuat Madrid memiliki peluang besar meraih tiket ke babak perempat final sekaligus membuka peluang mempertahankan gelar juara Liga Champions.

Leg kedua babak 16 besar antara Madrid dan Ajax akan berlangsung 5 Maret di Stadion Santiago Bernabeu. (nva/nva)