7 Perbedaan Cristiano Ronaldo di Madrid dan Juventus

CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 21:00 WIB
7 Perbedaan Cristiano Ronaldo di Madrid dan Juventus Sebanyak tujuh perbedaan Cristiano Ronaldo di Real Madrid dan Juventus. (REUTERS/Alberto Lingria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cristiano Ronaldo tak banyak mengalami perubahan sejak bergabung ke Juventus dari Real Madrid pada awal musim ini.

Ronaldo masih bisa diandalkan sebagai mesin gol bagi timnya itu. Saat ini Si Nyonya Tua mendapat koleksi 21 gol darinya di seluruh kompetisi domestik dan level Eropa.

Meski demikian, seperti dikutip dari Clarin Sports, dinilai memiliki sejumlah perbedaan saat ia memperkuat Madrid pada musim terakhirnya dibandingkan di Juventus pada awal musim ini.


Berikut tujuh perbedaan CR7 saat ia merumput di Los Blancos dengan di La Vecchia Signora:

1. Intensitas Fisik

Ronaldo disebut memiliki intensitas yang lebih besar di Juventus ketimbang di Madrid pada musim terakhirnya. Kondisi itu pun pernah diakui pelatih Si Nyonya Tua, Massimiliano Allegri.

Cristiano Ronaldo disebut Massimiliano Allegri memiliki fisik yang sangat baik. (Cristiano Ronaldo disebut Massimiliano Allegri memiliki fisik yang sangat baik. (Foto: Marco BERTORELLO / AFP)
"Jika melihat berdasarkan data-data fisiknya, Cristiano melakukan pekerjaan bagus. Dia lebih intens dibandingkan di Madrid," ujar Allegri.

2. Posisi Striker Jadi Pembeda

Posisi striker di Juventus dan Real Madrid jadi pembeda peran Ronaldo. Di Madrid, ia bisa bekerja sebagai target man dengan keberadaan Karim Benzema yang kerap membuka ruang untuknya.

Ronaldo kerap dipasangkan sebagai striker jika Mario Mandzukic ikut dimainkan. (Ronaldo kerap dipasangkan sebagai striker jika Mario Mandzukic ikut dimainkan. (REUTERS/Massimo Pinca)
Berbeda dengan di Juventus, ia kerap diduetkan dengan Mario Mandzukic sebagai dua ujung tombak dengan formasi 4-3-1-2. Namun, posisinya juga bisa melebar ke sayap.

3. Gol di Dalam Kotak Penalti

Total 95 persen gol yang dilesakkan Ronaldo untuk Juventus berasal dari dalam kotak penalti. Ronaldo sendiri saat ini sudah mengemas 21 gol di seluruh kompetisi.

Sebagian besar gol Ronaldo dicetak dari dalam kotak penalti di Juventus. (Sebagian besar gol Ronaldo dicetak dari dalam kotak penalti di Juventus. (Foto: REUTERS/Waleed Ali)
Satu-satunya gol yang ia lesakkan dari luar kotak penalti ketika ia membobol gawang Empoli dari jarak 25 meter dan bola masuk di kiri atas gawang lawannya itu.

4. Kebahagiaan di Juventus

Ronaldo disebut menemukan kebahagiaannya di Juventus dibandingkan ketika membela Madrid pada musim terakhirnya.

Ronaldo diklaim jadi lebih bahagia selama berada di Juventus. (Ronaldo diklaim jadi lebih bahagia selama berada di Juventus. (REUTERS/Massimo Pinca)
CR7 juga dikabarkan langsung dekat dengan para pemain Juve, terutama dengan Paulo Dybala, Douglas Costa, Alex Sandro, dan Federico Bernardeschi.

"Ini merupakan tim terbaik yang pernah saya bela seumur hidup. Di sini kami sebagai tim. Di tempat lain, seorang pemain merasa lebih besar dibandingkan pemain lainnya," ucap Ronaldo.

5. Ritual Selebrasi Baru

Pada 2012, Ronaldo dikenal dengan selebrasi gestur menggerakkan tangan seolah tengah menenangkan. Berikutnya di Madrid ia melakukan selebrasi dengan meneriakkan 'Siuuuu' sembari melompat menyilangkan kemudian mengibaskan kedua tangannya.

Selebrasi khas Paulo Dybala kini ditiru juga oleh Ronaldo. (Selebrasi khas Paulo Dybala kini ditiru juga oleh Ronaldo. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)
Musim ini bersama Juventus, CR7 menirukan gaya selebrasi rekan setimnya: Dybala Mask. Pemain asal Argentina itu pernah mengungkapkan arti selebrasinya yaitu untuk menyerupai topeng gladiator.

6. Pamer Keluarga

Ronaldo diyakini lebih sering mengisi kebersamaan bersama keluarga yakni sang pacar, Georgina Rodriguez, dan keempat anaknya.
[Gambas:Instagram]
Penyerang bintang asal Portugal itu bahkan tak jarang memamerkan kebersamaan ia dan keluarganya itu di akun media sosial seperti Instagram. Salah satunya adalah saat mereka pamer jersey Juventus.

7. Kemewahan Baru

Di Madrid, Ronaldo banyak mengoleksi mobil mewah. Ferrari, Lamborghini, McLaren, Porsche, Audi, Mercedes dan Cadillac Escalade jadi koleksinya di klub tersebut.

Cristiano Ronaldo memakai jam tangan bertabur berlian. (Cristiano Ronaldo memakai jam tangan bertabur berlian. (Foto: Action Images via Reuters/Jason Cairnduff)
Kini di Italia, untuk kali pertama ia mengoleksi dan pamer mobil Rolls Royce. Ronaldo juga pernah mengenakan ham mewah seri Caviar Tourbillon dari Jacob & Co. Jam yang dikenakan Ronaldo memiliki 424 berlian merah dan putih. Jam tersebut diklaim bernilai €2 juta atau setara Rp34,7 miliar.

Ronaldo pernah tinggal di rumah mewah di tengah kota Madrid. Kini di Turin Italia, ia tinggal dengan rumah yang jauh lebih mewah di pinggir kota dengan suasana sangat asri. (bac/ptr)