Tahan Arema 2-2, Persib ke Perempat Final Piala Indonesia

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Jumat, 22/02/2019 17:01 WIB
Tahan Arema 2-2, Persib ke Perempat Final Piala Indonesia Persib lolos ke perempat final Piala Indonesia. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persib Bandung lolos ke perempat final Piala Indonesia setelah menahan imbang Arema FC 2-2 pada leg kedua babak 16 besar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (22/2).

Dengan skor 2-2 di leg kedua, Persib berhak lolos ke babak selanjutnya setelah unggul produktivitas gol tandang atas Arema. Pada leg pertama di markas Persib, skor juga berakhir imbang 1-1.

Laga leg kedua berlangsung menarik. Arema sempat unggul dua kali lewat Makan Konate dan Robert Lima Gladiator, namun Persib mampu bangkit dan menyamakan kedudukan melalui Ezechiel N'Douassel dan Ghozali Siregar.


Arema sudah unggul saat laga baru berjalan tiga menit. Makan Konate membobol gawang Persib setelah memanfaatkan kesalahan lini belakang. Konate berhasil mencuri bola ketika Bojan Malisic bermaksud mengirim umpan ke Hariono. Konate dengan tenang melepaskan bola ke pojok kiri gawang.

Arema FC gagal mempertahankan dua kali keunggulan melawan Persib.Arema FC gagal mempertahankan dua kali keunggulan melawan Persib. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
Arema sepertinya akan unggul 1-0 di babak pertama. Tapi, handball yang dilakukan Hendro Siswanto saat injury time babak pertama membuat Persib mampu menyamakan kedudukan 1-1 lewat penalti N'Douassel.

Persib tampil cukup impresif di awal babak kedua. Tapi, pelanggaran Ardi Idrus terhadap Rivaldi Bauwo pada menit ke-52 membuat Arema mendapat tendangan penalti.

Konate yang menjadi eksekutor penalti gagal melakukan tugasnya dengan sempurna. Tendangan penalti Konate pada menit ke-54 hanya membentur mistar gawang meski kiper M. Natshir terkecoh.

Ghozali Siregar mencetak gol yang menentukan langkah Persib ke perempat final.Ghozali Siregar mencetak gol yang menentukan langkah Persib ke perempat final. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Serangan Persib lebih mengalir hingga pertengahan babak kedua. Febri Hariyadi hampir membuat Tim Maung Bandung unggul 2-1 pada menit ke-60. Winger Timnas Indonesia itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun, kiper Utam Rusdiana dengan gemilang menepis bola.

Arema kemudian unggul 2-1 pada menit ke-73 melalui sundulan Robert Lima Gladiator. Bermula dari umpan tendangan bebas Konate, Gladiator dengan bebas melepaskan sundulan ke gawang Persib setelah M. Natshir bertabrakan dengan N'Douassel.

Persib tidak menyerah ketika tertinggal satu gol. Usaha keras Persib untuk menyamakan kedudukan membuahkan hasil pada menit ke-85. Ghozali Siregar berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan bola rebound.

Kiper Utam Rusdiana gagal mengantisipasi umpan silang dengan sempurna setelah mendapat tekanan dari N'Douassel. Ghozali yang tidak terkawal di dalam kotak penalti sukses melepaskan tendangan mendatar dan membuahkan gol.

Arema gagal memanfaatkan waktu tersisa untuk mencetak gol kemenangan. Skor imbang 2-2 bertahan hingga laga usai dan Persib lolos ke perempat final berkat keunggulan produktivitas gol tandang dengan agregat 3-3.

Susunan pemain

Arema FC: Utam Rusdiana; Johan Alfarizi, Hamka Hamzah, Arthur Cunha da Rocha, Alfin Tuasalamony; Hendro Siswanto, Makan Konate, M Rafli, Rivaldi Bauwo, Robert Lima Gladiator, Sunarto.

Persib Bandung: M. Natshir Fadhil Mahbuby; Ardi Idrus, Bojan Malisic, Henhen Herdiana, Indra Mustafa; Febri Hariyadi, Ghozali Muharam, Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan, Srdan Lopicic; Frets Butuan (Ezechiel N'Douassel, 34'). (jun)