Pemain Timnas Indonesia U-16 Dikagumi dan Diminati di Inggris

CNN Indonesia | Selasa, 19/03/2019 20:39 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-16 Dikagumi dan Diminati di Inggris Hampir seluruh pemain Timnas Indonesia U-16 ikut dalam program pelatihan di Inggris. (Dok. AFC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria menyatakan mantan pemain timnas Inggris, Dennis Wise, kagum dengan kemampuan sepak bola dari 24 pemain muda asal Indonesia.

Sebanyak 24 pemain Indonesia yang rata-rata berusia di bawah 17 tahun dan sempat memperkuat Timnas Indonesia U-16, bertolak ke Inggris pada 15 Januari. Para pemain ini mendapat pelatihan dengan standar Eropa, baik di dalam dan di luar lapangan selama enam.

Pada program ini, Wise ditunjuk sebagai direktur program, dan Des Walker bakal menjadi pelatih. Selain itu Bima Sakti juga masuk dalam tim kepelatihan.


"Alhamdulillah, Dennis bilang permainan Timnas Indonesia U-16 tidak kalah hebat dengan yang ada di Inggris. Sebagian orang Indoensia ada yang berpikir pemahaman bermain pemain Indonesia kurang baik di luar negeri karena faktor bahasa, tapi ternyata tidak juga. Mereka sudah mengerti pola permainan," kata Tisha kepada CNNIndonesia.com.

"Hanya saja, fisik pemain masih kurang baik. Maka dari itu fisik mereka ditempa di sana dengan latihan yang keras," katanya menambahkan.

Pemain Timnas Indonesia U-16 Dikagumi dan Diminati di InggrisBeberapa pemain Timnas Indonesia U-16 menjalani program di Inggris. (Dok. AFC)
Tisha mengatakan perkembangan para pemain muda Indonesia tersebut semakin 'mengerikan' di setiap pertandingan. Terakhir, Bagas Kaffa dan kawan-kawan mampu mengalahkan Tim Blackburn Rovers U-17 dengan skor meyakinkan 4-0.

"Perkembangan dari laga ke laga ngeri, semoga ini cikal bakalnya pemain Timnas Indonesia mendatang," ucap Tisha.

Sampai saat ini, lanjut Tisha ada satu pemain yang dapat surat dari salah satu klub Inggris untuk uji coba resmi. Akan tetapi, Tisha menyampaikan pemain tersebut harus menunggu hingga berusia 18 tahun.

Pemain Timnas Indonesia U-16 Dikagumi dan Diminati di Inggris
"Sehingga mereka harus kembali ke Indonesia dan berkompetisi di Elite Pro Academy U-18. Pemainnya siapa? Nanti, tidak bisa dikasih tahu dulu. Ada klub Inggris yang tertarik? Sudah pasti, karena setiap mereka bertanding dengan klub di sana ada banyak pencari bakat," ujar dia tanpa menyebut identitas klub Inggris tersebut.

"Beberapa ada yang kontak PSSI untuk minta data lebih lanjut. Dan yang penting, harus lulus sekolah dulu. Sekolah tetap yang utama," ujarnya melanjutkan.

Selain apresiasi kepada para pemain, Tisha juga menjelaskan Bima mendapat penilaian positif selama berada di Inggris.

"Coach Bima dapat pujian sangat baik, beliau menyerap ini [ilmu sepak bola di Inggris] dengan baik, tekun. Dennis merasa terbantu dan senang atas kedisiplinan tinggi [dari Bima] dalam menangani anak-anak. Coach Bima perkembangannya sangat memuaskan," tutur Tisha. (nva/sry)