Pelatih Timnas Portugal Enggan Salahkan Ronaldo

CNN Indonesia | Sabtu, 23/03/2019 22:48 WIB
Pelatih Timnas Portugal Enggan Salahkan Ronaldo Cristiano Ronaldo gagal cetak gol di laga Portugal vs Ukraina. (REUTERS/Rafael Marchante)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Portugal Fernando Santos tak mau menyalahkan Cristiano Ronaldo atas hasil imbang 0-0 lawan Ukraina pada laga pembuka Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020, Jumat (22/3) waktu setempat.

Meski tampil dominan, Portugal yang kembali diperkuat Ronaldo sejak Piala Dunia 2018, gagal memetik kemenangan di kandang. Sederet peluang yang dimiliki tak membuahkan gol dan memaksa laga berakhir seri.

Meski demikian, Santos menolak kegagalan ini dibebankan kepada Ronaldo semata. Ia menegaskan hasil akhir pertandingan jadi tanggung jawab semua pihak.


"Solusinya tidak hanya berada pada Cristiano - dengan atau tanpa Cristiano. Yang terpenting adalah tim Portugal dan kami tidak meraih kemenangan," kata Santos seperti dikutip Sportskeeda.

Pelatih Portugal bela Cristiano Ronaldo.Pelatih Portugal bela Cristiano Ronaldo. (REUTERS/Rafael Marchante)
Ronaldo menjadi sorotan karena sebelumnya tampil trengginas bersama Juventus. Tiga golnya ke gawang Atletico Madrid berhasil meloloskan Juve ke perempat final Liga Champions.

Santos paham para pemainnya, termasuk Ronaldo punya kontribusi besar di klubnya masing-masing. Namun, hasil akhir di lapangan adalah tanggung jawab semua pemain.

Pelatih Portugal Enggan Salahkan Ronaldo
"Mereka jelas memiliki pengalaman besar saat bermain di klub besar, tetapi mereka tidak puas, itu sangat lumrah."

Santos berharap Selecao das Quinas bisa meraih hasil positif pada laga selanjutnya menjamu Serbia, Senin (25/3) waktu setempat.

"Tapi sekarang kami harus memikirkan pertandingan selanjutnya. Dan bahkan dengan atau tanpa Cristiano. Intinya kami harus bermain kolektif," ujarnya. (jun)