MotoGP Argentina: Seri Perseteruan Rossi vs Marquez Dimulai

CNN Indonesia | Rabu, 27/03/2019 14:30 WIB
MotoGP Argentina: Seri Perseteruan Rossi vs Marquez Dimulai Valentino Rossi ditabrak Marc Marquez pada balapan MotoGP Argentina musim lalu. (REUTERS/Marcos Brindicci)
Jakarta, CNN Indonesia -- MotoGP Argentina 2019 akan berlangsung di Sirkuit Termas De Rio Hondo, Senin (1/4) dini hari WIB. MotoGP Argentina akan selalu dikenang sebagai seri di mana perseteruan Valentino Rossi vs Marc Marquez dimulai.

Untuk mengetahui awal mula perseteruan Rossi vs Marquez, kita harus kembali ke MotoGP Argentina musim 2015. Ketika itu Rossi dan Marquez bersaing menjadi pemenang hingga beberapa lap terakhir.

Marquez yang meraih pole sempat memiliki keunggulan empat detik. Namun, The Doctor berhasil menekan Marquez memasuki lap ke-22. Insiden tabrakan kemudian terjadi satu lap kemudian.


Setelah Marquez menabrak sisi kanan Rossi di tikungan lima, The Baby Alien kemudian menabrak bagian belakang motor Rossi dan terjatuh. Rossi pun meraih kemenangan kedua musim setelah sukses menjadi pemenang di MotoGP Qatar.

Usai insiden di MotoGP Argentina 2015 sepertinya tidak ada perseteruan antara Rossi vs Marquez. Terlebih Marquez sering mengaku mengidolakan Rossi sejak kecil, hingga akhirnya kontroversi di MotoGP Malaysia 2015 muncul.

Valentino Rossi finis di posisi 19 pada balapan MotoGP Argentina 2018.Valentino Rossi finis di posisi 19 pada balapan MotoGP Argentina 2018. (REUTERS/Marcos Brindicci)
Ketika itu Rossi menuduh Marquez sengaja menghalanginya dalam perebutan gelar juara dunia melawan Jorge Lorenzo. Tuduhan itu diungkapkan Rossi setelah menganalisis penampilan Marquez di MotoGP Australia satu pekan sebelumnya. Rossi menganggap Marquez sengaja menahan lajunya untuk merebut podium di Phillip Island.

Rossi menyakini Marquez masih menyimpan dendam atas insiden yang terjadi di MotoGP Argentina. Marquez, diklaim Rossi, menganggap pebalap asal Italia itu sengaja menyenggolnya di MotoGP Argentina hingga terjatuh.

MotoGP Argentina Jilid Kedua

Usai insiden musim 2015, hubungan Rossi dan Marquez sempat memanas. Kedua pebalap kali pertama bersalaman usai balapan MotoGP Catalonia, Juni 2016, menyusul meninggalnya pebalap Moto2 asal Spanyol Luis Salom pada sesi latihan bebas.

Marc Marquez dan Valentino Rossi hingga kini belum berdamai.Marc Marquez dan Valentino Rossi hingga kini belum berdamai. (REUTERS/Fabrizio Bensch)
"Dengan apa yang terjadi pada Salom, semua perseteruan sepertinya tidak ada artinya. Saya pikir ini hal yang tepat untuk dilakukan. Olahraga kami berbahaya. Kami mempertaruhkan nyawa, jadi kami harus tetap tenang, fokus, dan lupakan hal lainnya," ujar Rossi usai balapan.

Perseteruan Rossi dan Marquez yang semula menghilang kembali muncul usai insiden MotoGP Argentina 2018. Ya, untuk kali kedua Sirkuit Termas De Rio Hondo menjadi lokasi bermulanya perseteruan Rossi vs Marquez.

Rossi harus finis di posisi ke-19 di setelah sempat terjatuh di tikungan 13 saat balapan MotoGP Argentina 2018 menyisakan empat lap. Rossi jatuh setelah ditabrak Marquez dari sisi dalam ketika perebutan posisi keenam. Rossi menganggap Marquez sengaja menabraknya.

MotoGP Argentina: Seri Perseteruan Rossi vs Marquez Dimulai
Marquez kemudian mendapat hukuman penalti 30 detik. Meski begitu juara bertahan MotoGP itu tetap finis di depan Rossi atau di posisi 18. Usai balapan Marquez berusaha minta maaf kepada Rossi. Tapi, pebalap asal Spanyol itu diusir dari garasi Rossi.

Sejak insiden di MotoGP Argentina 2018, Rossi dan Marquez tidak pernah berdamai. Marquez sudah beberapa kali berusaha minta maaf kepada Rossi, tapi selalu ditolak. Terakhir Marquez mengajak Rossi berjabat tangan, tapi ditolak The Doctor.

Akhir pekan ini Rossi dan Marquez kembali bertemu pada balapan MotoGP Argentina 2019. Apakah kontroversi Rossi vs Marquez kembali terjadi? Balapan MotoGP Argentina 2019 bisa disaksikan secara live streaming di CNNIndonesia.com. (har/jal)