Perusahaan Milik Rossi Sudah Hasilkan Rp337 Miliar

CNN Indonesia | Selasa, 19/03/2019 07:07 WIB
Perusahaan Milik Rossi Sudah Hasilkan Rp337 Miliar Perusahaan Valentino Rossi sudah meraup pendapatan setara Rp337 miliar tahun ini. (KARIM JAAFAR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan pernak-pernik milik pebalap MotoGP, Valentino Rossi, saat ini sudah menghasilkan pemasukan mencapai €80 juta atau setara Rp337 miliar per tahun 2018.

Rossi membuka perusahaan merchandise dan perlengkapan motor sejak 2012. Pada 2013, pendapatannya baru sebesar €8 juta (Rp129 miliar).

Sejak saat itu, pemasukan setiap tahunnya terus mengalami tren positif dari tahun ke tahun dan hingga saat ini menembus setara Rp337 miliar.


Padahal ketika ia membuat perusahaan bernama VR46 Racing Apparel pada 2012, Rossi belum lagi meraih juara dunia di kelas MotoGP. Kali terakhir The Doctor menyabet titel juara yaitu pada 2009.

Perusahaan pernak-pernik Valentino Rossi semakin laris setiap tahun. (Perusahaan pernak-pernik Valentino Rossi semakin laris setiap tahun. (Foto: KARIM JAAFAR / AFP)
Meski demikian, dikutip dari inSella, Rossi sebagai merek maupun citra komersial masih tetap laris di pasaran. Perusahaannya tersebut bahkan hingga kini terus berkembang.

Bisnis utamanya adalah menjual pernak-pernik yang terkait Rossi yang mencapai 80 persen, sedangkan 20 persen merupakan pendapatan dari pengerjaan merchandise merek pebalap lain. Kini perusahaan yang bermarkas di Tavullia sudah mempekerjakan sekitar 80 karyawan.

Bukan hanya pernak-pernik seputar dirinya, ia juga bekerja sama dengan pebalap lain seperti Maverick Vinales dan Cal Crutchlow untuk mengerjakan merchandise berlabel pebalap tersebut.

Perusahaan Milik Rossi Sudah Hasilkan Rp337 Miliar

Perusahaan itu juga pernah bekerja sama dengan Marc Marquez, namun tak berlanjut usai insiden di Sirkuit Sepang Malaysia MotoGP Malaysia pada 2015.

Sejumlah desain pernak-pernik Lamborghini juga dikerjakan oleh perusahaan dari Rossi tersebut.

Manajer Desain VR46 Racing Apparel, Gianluca Falcioni mengatakan perusahaan itu mengerjakan seluruh proses pembuatan pernak-pernik dan perlengkapan balapan.

"Kami menangani seluruh proses dan menjualnya di lebih dari 50 negara. Kami juga memiliki toko di Tokyo, Kyoto dan di negara Taiwan," kata Falcioni.

CEO VR46 Racing Apparel Alberto Tebaldi mengatakan para pekerja mulai dari pimpinan hingga staf begitu menikmati bekerja di perusahaan tersebut.

"Kami selalu membuat suasana kerja menyenangkan mulai manajer hingga staf. Ini merupakan cara Vale [Rossi] menjalani hidupnya," ucap Tebaldi. (bac/bac)