Tekuk Ganda Malaysia, Hendra/Ahsan ke Semifinal

CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 17:43 WIB
Tekuk Ganda Malaysia, Hendra/Ahsan ke Semifinal Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjaga peluang ke partai puncak Singapura Terbuka 2019. (Reuters/Andrew Boyers)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan mengalahkan pasangan Malaysia Goh V Shem/Tan Wee Kiong 18-21, 21-16, dan 21-17 pada perempat final Singapura Terbuka 2019 di Stadion Indoor Singapura, Jumat (12/4).

Pertandingan berlangsung ketat sejak awal, tanpa reli-reli panjang. Kedua ganda putra itu saling menyamakan kedudukan.
Setelah skor imbang 9-9, Goh/Tan memimpin hingga interval. Pasangan peringkat 15 dunia itu melanjutkan momentum dan meninggalkan Hendra/Ahsan.

The Daddies sempat tertinggal lima poin sebelum mempertipis ketertinggalan. Upaya Hendra/Ahsan menyamakan kedudukan tak terjadi hingga akhir gim pertama. Juara All England 2019 itu kalah 18-21.


Pada gim kedua Hendra/Ahsan meraih poin dengan cepat dan membukukan keunggulan jauh atas wakil Malaysia.
Tekuk Ganda Malaysia, Hendra/Ahsan ke SemifinalMohammad Ahsan/Hendra Setiawan melaju ke semifinal Singapura Terbuka 2019. (Oli SCARFF / AFP)
Skor 4-0 kemudian bertambah jauh menjadi 6-1, dan 10-4. Ahsan/Hendra memimpin 11-5 pada interval gim kedua.

Pasangan yang berstatus profesional itu terus menambah keunggulan. Hendra/Ahsan unggul 17-9, namun selepas poin itu Goh/Tan berhasil meraih enam poin beruntun dan memangkas jarak menjadi dua poin saja.

Perubahan pola permainan yang ditampilkan Goh/Tan sukses menyetop perolehan poin Hendra/Ahsan.

Setelah keunggulan 18-16, Hendra/Ahsan kembali membukukan poin beruntun dan menutup gim kedua dengan 21-16 sehingga laga berlanjut ke gim ketiga.

Mirip seperti pada awal gim kedua, pada gim penentuan Hendra/Ahsan membukkan skor 4-0 dan sempat memperlebar keunggulan menjadi 7-2.
Tekuk Ganda Malaysia, Hendra/Ahsan ke Semifinal
Goh/Tan memangkas perbedaan poin menjadi dua sebelum Hendra/Ahsan kembali meraih poin-poin yang membuat mereka unggul jauh.

Hendra/Ahsan sempat memimpin 12-7, tetapi Goh/Tan kembali merapatkan jarak menjadi satu poin saja. Dalam kondisi tersebut, pasangan senior Indonesia itu kembali melesat dan menjauh 18-13.

Unggul lima poin, pertandingan tidak menjadi mudah bagi Hendra/Ahsan karena Goh/Tan tak lelah mengejar.
Sebuah pukulan smes dari Ahsan menuntaskan pertandingan gim ketiga dengan skor 21-17.

Selanjutnya pada babak semifinal, Hendra/Ahsan akan menghadapi pemenang dalam laga antara Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dan Li Junhui/Liu Yuchen. (nva/bac)