Chelsea Masih Berharap 'Cinta' Hazard

CNN Indonesia | Selasa, 14/05/2019 14:06 WIB
Chelsea Masih Berharap 'Cinta' Hazard Eden Hazard belum memutuskan masa depannya di Chelsea. (REUTERS/Hannah Mckay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liga Inggris telah berakhir dengan catatan Chelsea duduk di posisi ketiga pada akhir musim. Catatan yang tak terlalu buruk untuk musim perdana Maurizio Sarri, namun tak juga terlalu impresif untuk dibanggakan. Kini Chelsea mesti berharap Eden Hazard tak meninggalkan mereka di akhir musim.

Sarri datang ke Liga Inggris untuk kali pertama di awal musim ini. Ia coba membawa Chelsea memainkan Sarriball yang merupakan filosofi permainannya.

Pada awal musim, penampilan Chelsea terbilang bagus. Mereka bahkan masuk perburuan gelar juara. Setelah kalah dari Tottenham Hotspur pada 25 November, penampilan Chelsea justru menurun.


Ketika Manchester City dan Liverpool terus mencatatkan kemenangan demi kemenangan, Chelsea justru makin sering menelan kekalahan, termasuk kekalahan 0-6 dari Manchester City.

Chelsea sempat tampil bagus di awal Liga Inggris musim ini.Chelsea sempat tampil bagus di awal Liga Inggris musim ini. (REUTERS/David Klein)
Di akhir musim, The Blues bahkan hanya meraih satu kemenangan pada lima laga terakhir mereka. Sukses Chelsea menyudahi musim di peringkat ketiga lebih karena Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Manchester United juga sama buruknya dengan mereka.

Ketika Chelsea melakukan kesalahan, hal tersebut ditutupi oleh kesalahan lain yang dilakukan oleh tiga tim lainnya. Hal itulah yang kemudian mengantar Chelsa duduk di posisi ketiga pada akhir musim.

Buruknya status Chelsea sebagai tim papan atas bisa terlihat dari selisih poin yang ada antara mereka dengan dua tim teratas. Chelsea tertinggal 25 poin dari Liverpool yang ada di posisi kedua.

Jika Chelsea masih ingin berpikir jadi juara musim depan, jelas mereka butuh peningkatan kualitas sebagai sebuah tim.

Cara terbaik untuk meningkatkan kualitas tim adalah dengan belanja pemain. Namun 'The Blues' terkena sanksi pembelian pemain untuk dua jendela transfer. Hal inilah yang membuat Chelsea tidak bisa dengan mudah mengatasi kelemahan-kelemahan yang masih tampak di musim ini.

Eden Hazard punya kemampuan untuk mengubah hasil pertandingan dengan kemampuan individu miliknya.Eden Hazard punya kemampuan untuk mengubah hasil pertandingan dengan kemampuan individu miliknya. (Reuters/Jason Cairnduff)
Situasi tentu bakal memburuk bila Eden Hazard memutuskan untuk pergi dari Chelsea di akhir musim ini. Kehilangan Hazard tanpa punya kesempatan mencari pengganti adalah bencana besar bagi klub yang bermarkas di London tersebut.

Hazard termasuk tipe pemain yang bisa mengubah keadaan dengan kemampuan individu miliknya di lapangan. Ketika striker-striker Chelsea tak cukup tajam untuk menjadi mesin gol, Hazard bisa jadi pemain paling subur, baik dari segi gol maupun assist.

Cara lain adalah dengan memaksimalkan pemain-pemain muda yang ada di tim junior Chelsea. Dengan demikian, Sarri bisa berharap adanya sosok macam Callum Hudson-Odoi yang cukup mencuri perhatian di musim ini.

Chelsea Berharap Masih Ada Cinta Hazard
Sebagai manajer, kreativitas Sarri dinanti untuk menangani Chelsea di musim depan. Bila mereka berhasil memenangkan trofi Liga Europa, maka itu bisa jadi fondasi kuat untuk percaya bahwa skema permainan Sarri layak untuk terus dipertahankan.

Namun sebelum Sarri mulai memeras otak untuk mematangkan skema yang ia rencanakan, hal pertama yang harus terus diharapkan olehnya adalah Hazard tidak pergi dari Chelsea di akhir musim ini. Sarri harus terus berharap masih ada cinta dalam diri Hazard untuk Chelsea, hal yang akhirnya membuat ia tetap jadi pemimpin Chelsea di musim depan.

Hazard santer dikabarkan akan hengkang ke Real Madrid. Media Prancis, L'Equipe, bahkan mengklaim transfer Hazard ke Real Madrid akan diumumkan usai final Liga Europa Chelsea vs Arsenal, 29 Mei mendatang. (ptr/har)