Keluarga Bin Laden Disebut Beri Modal ke Klub Liga Inggris

CNN Indonesia | Jumat, 17/05/2019 07:55 WIB
Keluarga Bin Laden Disebut Beri Modal ke Klub Liga Inggris Sheffield United diklaim dapat dana pinjaman dari keluarga Osama bin Laden. (Action Images via Reuters/Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Klub promosi Liga Primer Inggris, Sheffield United, disebut-sebut mendapat modal berbentuk pinjaman dana dari keluarga mantan pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden.

Sheffield United saat ini tengah dalam sengketa kepemilikan antara dua pihak: Kevin McCabe dan Pangeran Abdullah bin Mosaad bin Abdulaziz Al Saud yang merupakan anggota keluarga Kerajaan Arab Saudi.

Hubungan McCabe dan Abdullah mulai terjalin akrab pada 2013 saat sang pangeran menginvestasikan dana sebesar £10 juta di klub tersebut. Tetapi hubungan keduanya memanas pada 2017.


Persoalan Sheffield United itu masih berada di Pengadilan Tinggi. Dikutip dari Telegraph, saat hari keempat pelaksanaan persidangan, muncul pengakuan bahwa klub berjuluk The Blades itu memiliki hubungan dengan dengan keluarga mantan pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden.

Kaitan Sheffield United dengan keluarga Bin Laden merupakan dana pinjaman investasi sejumlah £3 juta atau setara dengan Rp55,5 miliar yang dikenal dengan Proyek Delta. Menurut McCabe dana itu tidak perlu dikembalikan.

Sheffield United promosi ke Liga Primer dengan status runner-up Divisi Championship.(Action Images via Reuters/Lee Smith)
Sheffield United promosi ke Liga Primer dengan status runner-up Divisi Championship.
Pada persidangan Rabu (15/5) waktu setempat, McCabe dan Abdullah berdebat tentang dana Proyek Delta itu yang harus dikembalikan atau tidak. Berbeda dengan McCabe, pihak Abdullah bersikeras dana itu akan dikembalikan melalui sponsor.

"McCabe tahu uang itu datang dari sumber yang lain, yaitu keluarga Bin Laden," ujar pengacara Abdullah, Andreas Gledhill QC berdasarkan laporan Sheffield Star.

Keluarga Bin Laden Disebut Beri Modal ke Klub Liga Inggris
Akibat kondisi itu, media di Inggris menyebut Sheffield United sebagai alat cuci uang bagi para ekstremis. Sheffield United Ltd sendiri merupakan perusahaan yang dikelola McCabe dan keluarganya. Namun McCabe telah mendapat tuduhan konspirasi dan perilaku tidak adil.

Sheffield United akan bermain di Liga Primer Inggris musim depan dengan status klub promosi setelah menempati peringkat kedua Divisi Championship 2018/2019. (sry/sry)