Klasemen Sementara Kualifikasi Piala Eropa 2020

CNN Indonesia | Rabu, 12/06/2019 05:08 WIB
Klasemen Sementara Kualifikasi Piala Eropa 2020 Kalahkan Andorra 4-0, timnas Prancis ke puncak klasemen. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah perubahan terjadi di klasemen sementara Kualifikasi Piala Eropa 2020 usai pertandingan yang digelar Rabu (12/6) dini hari WIB.

Timnas Prancis yang menang 4-0 atas Andorra di lanjutan laga Grup H kini menempati posisi puncak klasemen sementara. Prancis menang atas Andorra di Stadion Nasionl Andora, lewat gol Kylian Mbappe (11'), Wissam Ben Yedder (30'), Florian Thauvin (45+1'), dan Kurt Zouma (60').

Kemenangan atas Andorra membuat Prancis mengoleksi 9 poin dari empat kemenangan. Jumlah poin yang sama dimiliki Turki, namun Prancis unggul atas selisih gol.


Faktor lain yang membuat Prancis berada di posisi teratas adalah kekalahan Turki 1-2 dari Islandia. Padahal, di laga sebelumnya Turki menang 2-0 atas Prancis.

Di pertandingan lain, Jerman menang dua kali lipat dari Prancis dengan mengalahkan Estonia 8-0 di Opel Arena. Di pertandingan itu Marco Reus serta Serge Gnabry sama-sama mencetak dua gol. Sedangkan empat gol lainnya disumbangkan Leon Goretzka, Ilkay Huendogan, Timo Werner, dan Leroy Sane.

Timnas Jerman menang besar atas Estonia.Timnas Jerman menang besar atas Estonia. (REUTERS/Ralph Orlowski)
Meski menang besar, namun Die Mannschaft belum bisa menggeser posisi Irlandia Utara di puncak klasemen Grup C. Pasalnya, di saat yang bersamaan Irlandia Utara menang 1-0 atas Belarusia. Jerman kini masih tertinggal tiga poin di belakang Irlandia Utara.

Nasib sial kembali dialami Wales yang menelan kekalahan 0-1 dari Hungaria. Sebelumnya Wales juga kalah 1-2 dari Kroasia. Hasil buruk dalam dua laga terakhir itu membuat Wales tetap berada di posisi keempat Grup E, sementara puncak klasemen jadi milik Hungaria.

Klasemen Sementara Kualifikasi Piala Eropa 2020
Nilai sempurna dimiliki Belgia yang mengoleksi 12 poin dari empat pertandingan usai mengalahkan Skotandia 3-0 di Stadion Roi Baudouin. Romelu Lukaku menyumbang dua gol (45+1' dan 57') serta tambahan gol dari Kevin de Bruyne (90+2'). Capaian 12 poin itu membuat posisi Belgia di tempat teratas Grup I belum tergoyahkan.

Timnas Italia juga masih berada di puncak Grup J setelah mengalahkan Bosnia dan Herzegovina 2-1 di Stadion Allianz. Bosnia sempat unggul lewat gol Edin Dzeko (32'), namun Italia membalas lewat Lorenzo Insigne (49') dan Marco Verratti (86'). (sry/sry)