Performa Menurun, Rossi Cukup Puas Masuk 10 Besar

CNN Indonesia | Sabtu, 15/06/2019 07:31 WIB
Performa Menurun, Rossi Cukup Puas Masuk 10 Besar Valentino Rossi berharap dapat berada dalam posisi 10 besar pada sesi latihan bebas dan kualifikasi MotoGP Catalunya 2019. (AP Photo/Eric Gay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Yamaha Valentino Rossi mengaku cukup puas bisa masuk dalam daftar 10 besar di sesi latihan MotoGP Catalunya 2019.

Rossi kembali menjalani persaingan di lintasan MotoGP pada pekan ketiga Juni 2019 dengan mengaspal di Sirkuit Barcelona Catalunya, lokasi balapan MotoGP Catalunya 2019.
Dua sesi resmi, latihan bebas pertama dan kedua, telah dilalui The Doctor. Hasilnya pebalap 40 tahun itu berhasil bertahan di jajaran 10 besar, menempati peringkat kesembilan pada Free Practice (FP) 1, dan menduduki posisi ketujuh pada FP 2.

Atas capaian tersebut, Rossi mengaku cukup puas dan berharap dapat mempertahankan posisi pada sesi latihan bebas ketiga dan keempat yang dilanjutkan dengan kualifikasi pada Sabtu (15/6).
Performa Menurun, Rossi Cukup Puas Masuk 10 BesarValentino Rossi (kiri) ketika berada di podium MotoGP Argentina bersama Marc Marquez (tengah), dan Andrea Dovizioso. (AP Photo/Nicolas Aguilera)
"Saya suka trek di sini dan hari ini cukup bagus, hari yang positif bagi kami karena saya merasa baik dan saya dapat mengendarai motor dengan baik," jelas Rossi dikutip dari Crash.

"Kecepatan saya tidak jelek dan saya bisa berada di posisi 10 besar pada pagi hari [FP 1] dan sore hari [FP2]. Saya sudah cukup siap dan tidak merasa buruk," sambungnya.
Performa Menurun, Rossi Cukup Puas Masuk 10 Besar
Rossi mengalami hasil buruk pada MotoGP Italia 2019 yang berlangsung awal Juni. Berlaga di hadapan pendukungnya, pebalap senior itu justru gagal finis. Permasalahan dengan motor Yamaha YZR-M1 menjadi hal yang diakui belum memiliki solusi.

Untuk kali pertama dalam musim ini, Rossi gagal meraih poin. Sementara dalam lima balapan sebelumnya, Rossi hanya naik podium dua kali dengan menghuni peringkat kedua di MotoGP Argentina dan Amerika. Untuk sementara pebalap yang kali terakhir menjadi juara dunia pada 2009 itu menempati peringkat kelima pada musim ini.

Seiring dengan ketertinggalan dari Honda dan Ducati, Yamaha mengusung wacana penggunaan motor yang sebenarnya akan digunakan pada musim depan ketika memasuki bulan Agustus atau saat seri ke-11 yang berlangsung di Austria berlangsung.
"Sejujurnya saya tidak tahu [rencana Yamaha menggunakan motor baru]. Tetapi ketika Yamaha tampil kompetitif maka kami akan menggunakan motor baru dalam tes di Brno. Atas beberapa alasan, yang tidak diketahui, dalam beberapa tahun terakhir motor baru tidak pernah datang," kata Rossi.

"Mungkin karena hal tersebut kami memiliki jarak yang besar [dibanding tim lain]. Saya berharap tetapi saya tidak tahu," tambahnya.

Balapan MotoGP Catalunya akan berlangsung pada Minggu (16/6). Balapan MotoGP Catalunya bisa disaksikan lewat live streaming di CNNIndonesia.com.


(nva)