Ducati dan Honda Berantem Jelang MotoGP Ceko

CNN Indonesia | Selasa, 16/07/2019 10:43 WIB
Ducati dan Honda Berantem Jelang MotoGP Ceko Bos Ducati meyakini Honda tidak akan sukses di MotoGP tanpa Marc Marquez. (AP Photo/Antonio Calanni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bos Repsol Honda dan Ducati MotoGP saling serang jelang paruh kedua musim 2019 yang akan digelar di MotoGP Republik Ceko, 4 Agustus mendatang.

Saling serang kata-kata terjadi antara direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti dengan direktur tim Repsol Honda Alberto Puig. Semua bermula dari pernyataan Ciabatti yang mengomentari penampilan Jorge Lorenzo yang terpuruk bersama Honda musim ini.

Ciabatti mengklaim Honda hanya mendesain sepeda motor RC213V hanya untuk Marc Marquez. Kondisi itu membuat rekan setim Marquez, seperti Dani Pedrosa dan Lorenzo, kesulitan beradaptasi dengan sepeda motor RC213V.


Tidak terima dengan pernyataan Ciabatti, Puig kemudian mengeluarkan sindiran. Mantan pebalap Honda itu meminta Ciabatti untuk melihat sejarah panjang sukses Honda.

Marc Marquez sudah mempersembahkan lima gelar MotoGP untuk Honda.Marc Marquez sudah mempersembahkan lima gelar MotoGP untuk Honda. (JORGE GUERRERO / AFP)
"Saya pikir Ciabatti harus melihat semua balapan 500cc dan MotoGP yang dimenangi Honda, semua gelar juara. Dia harus melihat sejarah. Ducati selama ini sudah bekerja keras, hanya merebut satu gelar juara dunia melalui Casey Stoner. Ducati mengeluarkan semua usaha dengan regulasi saat ini, tapi belum pernah juara," ujar Puig.

Ciabatti kemudian tidak terima Ducati diserang. Pria asal Italia itu meyakini Honda akan kesulitan merebut gelar juara dunia pertama sejak Stoner menang pada 2011 jika Marquez tidak promosi pada 2013.

Ducati dan Honda Berantem Jelang MotoGP Ceko
"Puig memutarbalikkan pernyataan saya untuk menciptakan kontroversi. Dengan cara itu dia bisa menyerang Ducati. Saya mengungkapkan fakta yang tidak terbantahkan, yang merupakan peran Marquez dalam merebut gelar juara dunia MotoGP sejak debut pada 2013," ucap Ciabatti dikutip dari Motorsport.

"Dengan rasa hormat saya kepada Honda, jumlah gelar juara dunia mereka akan sangat berbeda tanpa Marquez meski memiliki dua pembalap hebat seperti Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow," sambung Ciabatti.

Live streaming MotoGP Ceko 2019 di Sirkuit Brno, 4 Agustus 2019, bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. (har/jun)