5 Fakta Jelang Liverpool vs Chelsea di Piala Super Eropa

CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 13:14 WIB
5 Fakta Jelang Liverpool vs Chelsea di Piala Super Eropa Liverpool dan Chelsea akan bertarung di Piala Super Eropa. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool dan Chelsea akan memperebutkan gelar jawara Benua Biru di Piala Super Eropa 2019. Berikut lima fakta menarik jelang duel Liverpool vs Chelsea.

Duel klub asal Inggris ini akan dihelat di Vodafone Park, Istanbul, Turki, Rabu (14/8) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. The Reds yang menyandang juara Liga Champions ditantang jawara Liga Europa, Chelsea.

Uniknya, Liverpool dan Chelsea berhasil meraih trofi juara usai menaklukkan tim Inggris di laga final. Skuat arahan Juergen Klopp menang 2-0 atas Tottenham Hotspur, sementara Chelsea hajar Arsenal 4-1.


Berikut lima fakta menarik jelang duel Liverpool vs Chelsea di Piala Super Eropa 2019:

1. Untuk kali pertama dalam sejarah, Piala Super Eropa mempertemukan dua klub asal Inggris. Pertemuan dua klub Spanyol jadi yang terbanyak di ajang ini.

5 Fakta Jelang Liverpool vs Chelsea di Piala Super EropaLiverpool hanya satu kali menang dari enam pertemuan terakhir lawan Chelsea. (Reuters/Lee Smith)
2. Lima dari enam trofi Piala Super Eropa terakhir berhasil diangkat sang juara Liga Champions (Real Madrid pada 2014, 2016, dan 2017, Bayern Munchen pada 2013 dan Barcelona pada 2015). Hanya Atletico Madrid (pemenang Liga Europa) menjadi pengecualian usai mengalahkan Real Madrid 4-2 pada 2018.

3. Liverpool baru menang sekali dari enam pertemuan terakhir melawan Chelsea di semua kompetisi, di mana tiga laga lainnya berakhir seri dan dua lainnya berujung kekalahan. Kemenangan tersebut terjadi di Liga Inggris pada April berkat gol Sadio Mane dan Mohamed Salah.

5 Fakta Jelang Liverpool vs Chelsea di Piala Super Eropa
4. Sejak bergabung dengan Liverpool pada Oktober 2015, Juergen Klopp telah memenangkan tiga dari sembilan pertandingan melawan Chelsea di semua kompetisi (S4 K2), termasuk satu kemenangan dari enam pertemuan terakhir (S3 K2).

5. Manajer Chelsea Frank Lampard pernah bermain di dua partai Piala Super Eropa bersama The Blues namun semuanya berujung kekalahan. Kala itu Chelsea kalah 1-4 dari Atletico Madrid pada 2012 dan kalah 4-5 lewat adu penalti melawan Bayern Munchen pada 2013 (2-2 setelah extra time), meski ia berhasil mencetak gol pada drama adu penalti. (jun/nva)