Peneliti Klaim Messi Lebih Baik Daripada Ronaldo

CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 10:41 WIB
Peneliti Klaim Messi Lebih Baik Daripada Ronaldo Messi diklaim peneliti lebih baik daripada Ronaldo. (REUTERS/Susana Vera)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peneliti sains komputer mengklaim melalui penelitian mereka bahwa Lionel Messi lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo.

Sebelumnya, status pemain terbaik antara Messi dan Ronaldo selalu menjadi perdebatan di antara para fan. Dua pemain itu sama-sama mengantongi lima penghargaan Ballon d'Or.

Sejumlah pengamat dan mantan pesepakbola juga banyak yang memberikan argumentasi mereka soal kualitas Messi vs Ronaldo.


Belakangan, sejumlah saintis mengklai mampu menyudahi perdebatan tersebut. Mereka menyatakan telah menemukan program dalam super komputer untuk membuat kalkulasi detail terkait kualitas Messi dan Ronaldo di atas lapangan.

Ronaldo kalah dari Messi dalam data-data super komputer. (Ronaldo kalah dari Messi dalam data-data super komputer. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)
Media Belgia Sporza seperti dikutip dari Give Me Sport memberitakan sejumlah profesor sains komputer di Universitas KU Leuven kerja sama dengan ahli sains olahraga Belanda membuat program perhitungan pemain. Program itu dinamakan Valuing Actions by Estimating Probabilities (VAEP) untuk menentukan yang terbaik antara Messi dan Ronaldo.

Formula tersebut memasukkan seluruh penampilan kedua pemain itu, termasuk kontribusi mereka di lapangan dalam menyerang dan bertahan.

"Nilai penampilan pemain dalam sepak bola acap kali ditentukan berdasarkan gol dan assist. Namun, gol merupakan peristiwa yang jarang terjadi. Rata-rata dari 1.600 penampilan ditaksir terjadi di pertandingan."

Peneliti Klaim Messi Lebih Baik Daripada Ronaldo
"Model kami memperhitungkan setiap aksi, tembakan, operan, dribel, tekel, dan mengkalkulasi nilai mereka," ujar Profesor Universitas KU Leuven, Jesse Davis.

Dari hasil itu, disebut Davis, Messi jauh lebih baik dari Ronaldo. La Pulga mendapat skor 1,21 per pertandingan, sedangkan Ronaldo hanya 0,61. (bac/nva)