Manajer Timnas Indonesia Bantah Simon Depresi

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 17:03 WIB
Manajer Timnas Indonesia Bantah Simon Depresi Simon McMenemy meraih hasil buruk di Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Timnas Indonesia Sumardji membantah Simon McMenemy mengalami depresi usai skuat Garuda menelan empat kekalahan di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sumardji tak memungkiri secara psikologis Simon sedang tertekan. Namun, ia memastikan pelatih asal Skotlandia itu tidak sampai mengalami stres apalagi depresi.

"Enggak [stres dan depresi], biasa saja, tapi dia mengakui dalam tekanan. Secara psikologis pasti tertekan, namanya juga membawa timnas terus empat kali kalah. Itu tentu berpengaruh terhadap kondisi psikologi," ujar Sumardji kepada CNNIndonesia.com, Minggu (20/10).


Kendati demikian, Sumardji mengatakan Simon tetap mengedepankan profesionalisme sebagai pelatih Timnas Indonesia. Meski manajer Bhayangkara FC itu tak memungkiri tekanan dari publik terhadap Simon membuat sang pelatih tidak nyaman.

Manajer Timnas Indonesia Bantah Simon Depresiracikan Simon McMenemy di Timnas Indonesia tidak berjalan baik. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
"Tapi melihat kondisi yang terjadi saya kira itu wajar dan lumrah," sebutnya.

[Gambas:Video CNN]
Terkait kontrak dengan PSSI, Sumardji menyebut berharap ada komunikasi yang baik antara Simon dan organisasi tertinggi sepak bola di tanah air itu untuk mencari jalan terbaik. Penegasan ini datang seiring munculnya tekanan dari publik agar Simon lengser dari posisinya.

Manajer Timnas Indonesia Bantah Simon Depresi
Sumardji membenarkan jika ada klausul kontrak antara Simon dan PSSI yang membahas soal kompensasi pemutusan kontrak. Seperti diketahui, PSSI secara resmi menjadikan Simon sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 24 Januari 2019 lalu.

Pelatih asal Skotlandia itu dikontrak selama dua tahun yang akan berakhir pada Desember 2020 dengan target membawa Timnas Indonesia masuk posisi 120 besar. Di ranking FIFA terkini, posisi Indonesia masih berada di posisi ke-167.

Timnas Indonesia saat ini menempati posisi juru kunci Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 tanpa satu poin pun. Stefano Lilipaly dan kawan-kawan menelan empat kekalahan dari Malaysia (2-3), Thailand (0-3), Uni Emirat Arab (0-5), dan Vietnam (1-3). (TTF/jal)