Legenda Jerman Tolak Latih Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 15/11/2019 01:03 WIB
Legenda Jerman Tolak Latih Timnas Indonesia Lothar Matthaus tolak secara halus peluang melatih Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda sepak bola Jerman, Lothar Matthaus, menolak secara halus peluang untuk melatih Timnas Indonesia di masa depan.

"Lebih baik kalian memiliki pelatih yang punya bahasa dan mental yang sama dengan kalian," kata Matthaus di sela-sela acara Bundesliga Experience di Jakarta, Kamis (14/11).

Saat ini PSSI sedang gencar mencari suksesor Simon McMenemy yang resmi dipecat pekan lalu. Luis Milla dan Shin Tae-yong jadi kandidat untuk menangani skuat Garuda.


Milla sendiri sempat menangani Timnas Indonesia di SEA Games dan Asian Games 2018. Namun, kontraknya diputus setelah tim Merah Putih hanya mampu melangkah ke babak 16 besar Asian Games.

[Gambas:Video CNN]
Sementara Tae-yong diklaim juga diminati klub asal Jepang dan China. Namun, pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu membuka peluang untuk berkarier di Indonesia. Baik Tae-yong dan Milla dijadwalkan bertemu PSSI di Malaysia dalam waktu dekat.

Dalam kesempatan yang sama, Matthaus juga mengomentari status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

"Selalu menjadi sesuatu yang bagus ketika bisa menjadi tuan rumah turnamen besar. Semua orang menunggu dan Indonesia bakal menjadi pusat perhatian dunia karena turnamen ini [Piala Dunia U-20]," kata Matthaus pada sesi konferensi pers.

Matthaus juga meminta Indonesia fokus membenahi fasilitas sama seperti ketika Qatar resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Selain menyiapkan venue, federasi Indonesia juga harus fokus membangun tim muda yang akan mewakili Indonesia di Piala Dunia U-20 2021.

"Kalian [Indonesia] harus fokus mempersiapkan turnamen dan mempersiapkan pemain muda dengan baik," jelasnya.

Legenda Jerman Tolak Halus Latih Timnas Indonesia
Matthaus yang yang juga tampil sebagai Kapten Timnas Jerman saat menjadi juara di Piala Dunia 1990 itu juga menitipkan pesan buat para pemain muda yang bakal tergabung di Timnas Indonesia U-20. Para pemain harus bisa terus meningkatkan kemampuan demi meraih prestasi bagus saat menjadi tuan rumah.

Para pemain muda Indonesia juga diminta Matthaus untuk tidak mempedulikan tekanan suporter maupun media terhadap penampilan mereka nantinya.

"Jangan pikirkan apa yang dikatakan media dan suporter. Sebagai pemain kalian harus punya motivasi, bisa menangani tekanan untuk menunjukkan kemampuan terbaik serta menikmati setiap pertandingan," jelas mantan pemain Bayern Munchen tersebut. (TTF/jun)