LAPORAN DARI MALAYSIA

Yeyen: Semua Pemain Malaysia Berbahaya

CNN Indonesia | Senin, 18/11/2019 14:42 WIB
Yeyen: Semua Pemain Malaysia Berbahaya Timnas Indonesia saat dikalahkan Malaysia 2-3 di Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Pelatih sementara Timnas Indonesia, Yeyen Tumena, menganggap semua pemain Malaysia bisa menjadi ancaman lini pertahanan Garuda jelang pertemuan kedua tim pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11).

Selain memiliki banyak pemain yang berbahaya untuk lini pertahanan Indonesia, timnas Malaysia juga dianggap Yeyen berada pada kondisi mental yang prima setelah berhasil mengalahkan Thailand 2-1 pekan lalu.

"Ini berat pertandingan tandang, Malaysia dalam kondisi yang percaya diri, Insyaallah, Bismillah kami beri yang terbaik," ujar Yeyen dalam konferensi pers jelang laga Malaysia vs Indonesia di Kuala Lumpur, Senin (18/11) siang.


"Dari pertandingan Malaysia melawan Indonesia dan Malaysia melawan Thailand, saya melihat Malaysia bermain sederhana, bermain baik bahkan bermain secara tim. Buat kami siapapun yang datang ke pertahanan adalah pemain yang berbahaya," ucap Yeyen.

Yeyen Tumena (kiri) menilai permainan Malaysia sederhana. (Yeyen Tumena (kiri) menilai permainan Malaysia sederhana. (CNN Indonesia/Nova Arifianto)
Mantan bek Timnas Indonesia itu juga memprediksi suporter Malaysia bakal memberi tekanan. Namun, Yeyen percaya diri Rudolof Yanto Basna dan kawan-kawan bisa mengatasi tekanan keadaan karena akrab dengan atmosfer penonton lawan di level internasional maupun di klub.

Selain dari penonton, Yeyen juga menganggap tekanan akan datang dari empat hasil buruk yang diperoleh tim Merah Putih selama Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

"Belum dapat poin berarti ada hal-hal yang harus diperbaiki, ada tekanan memang, kami sebagai prajurit di lapangan selalu berhadapan dengan menang atau kalah. Pemain pun sama, apapun tekanan itu akan kami hadapi dengan konsekuensi yang sama, menang atu kalah," kata Yeyen.

[Gambas:Video CNN]
Yanto Basna yang hadir dalam konferensi pers menekankan Timnas Indonesia sudah siap menjalani laga kelima dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 setelah melakukan selama lebih kurang satu pekan di Malaysia.

"Kami sudah datang sejak awal, kami mengantisipasi berbagai hal termasuk hujan. Semua [pemain] dalam kondisi sangat baik dan strategi dari pelatih sudah kami pahami, kami siap bertmpur besok," kata pemain yang memiliki pengalaman bermain di Liga Thailand itu.

Yeyen: Semua Pemain Malaysia Berbahaya
Timnas Indonesia hingga kini belum memperoleh poin dari empat kali bertanding dan berada di posisi juru kunci Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sementara Malaysia yang berada satu setrip di atas Indonesia di Grup G sudah meraih dua kemenangan dari empat laga. Selain mempermalukan tim Garuda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Malaysia juga meraih kemenangan atas Thailand pada pekan lalu. (nva/har)