Rapor di SEA Games: Indonesia Tak Pernah Kalah dari Brunei

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 15:16 WIB
Rapor di SEA Games: Indonesia Tak Pernah Kalah dari Brunei Timnas Indonesia U-23 butuh kemenangan telak atas Brunei. (AP Photo/Aaron Favila)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia memiliki rapor tidak pernah kalah dari Brunei Darussalam dalam pertemuan di ajang SEA Games jelang duel kedua tim di laga keempat Grup B di Stadion Binan, Selasa (3/12).

Sejak multievent terbesar di kawasan Asia Tenggara itu berubah nama menjadi SEA Games, Indonesia sudah tujuh kali berjumpa Brunei. Seluruh pertemuan itu terjadi di babak grup.

Dalam tujuh pertemuan itu, Tim Merah Putih meraih lima kemenangan dan dua pertandingan lainnya berujung imbang.


Pada awal-awal SEA Games, Indonesia hanya berhasil meraih satu kemenangan dalam tiga pertandingan melawan Brunei.

Di SEA Games 1977 di Kuala Lumpur, Malaysia, Indonesia menang 4-0 di Stadion Merdeka. Tetapi di dua perjumpaan SEA Games berikutnya, di 1983 serta 1985 Brunei bisa mengimbangi Tim Merah Putih dengan skor 1-1.

Timnas Indonesia tidak pernah kalah dari Brunei.Timnas Indonesia tidak pernah kalah dari Brunei. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)
Rapor kemenangan atas Brunei kembali diukir Timnas Indonesia di SEA Games 1987 di Jakarta saat menang 2-0 di Stadion Senayan.

Kemenangan besar pertama atas Brunei di SEA Games diukir Indonesia di edisi berikutnya di Malaysia. Pada SEA Games 1989, Indonesia menang telak 6-0 lewat gol Mustaqim, I Made Pasek Wijaya, dan Jaya Hartono.

[Gambas:Video CNN]
Pertemuan Indonesia dengan Brunei di pesta olahraga ASEAN baru kembali terjadi satu dekade berikutnya, di SEA Games 1999. Brunei yang jadi tuan rumah dipermalukan Indonesia 0-3.

Rekor kemenangan terbaru atas Brunei dibukukan Indonesia di SEA Games 2001 di Singapura. Indonesia menang telak 9-0 lewat gol Bambang Pamungkas, Ellie Aiboy, Sudarsono, dan Isnan Ali.

Rapor di SEA Games: Indonesia Tak Pernah Kalah dari Brunei
Setelah pertandingan di SEA Games 2001 Indonesia belum pernah lagi bertemu dengan Brunei di ajang dua tahunan ini.

Meski demikian Indonesia patut berhati-hati karena dalam pertemuan terakhir dengan Brunei, tim asuhan Indra Sjafri sempat kesulitan menang di Kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam. (sry/har)