Vietnam Disebut Jebak Indonesia di Final SEA Games 2019

CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 10:31 WIB
Vietnam Disebut Jebak Indonesia di Final SEA Games 2019 Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam di babak final SEA Games 2019. (AP Photo/Aaron Favila)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain Vietnam, Van Sy Hung, menyebut 'The Golden Star' berhasil menerapkan strategi yang menjebak Indonesia di final SEA Games 2019.

Indonesia kalah dengan skor telak 0-3 dari Vietnam di laga puncak SEA Games 2019. Kemenangan tersebut membuat Vietnam untuk kali pertama meraih emas sepak bola di SEA Games.

Van Sy Hung mengatakan pelatih Vietnam Park Hang Seo menerapkan taktik yang cermat dan tepat dalam laga lawan Indonesia. Vietnam menjebak Indonesia dengan membiarkan Garuda Muda lebih banyak menguasai bola dibandingkan dengan duel perdana kedua tim.


"Park meminta pemain untuk bermain tenang dan membiarkan Indonesia mengontrol bola. Indonesia memiliki lebih banyak penguasaan bola, tetapi hanya mengoper ke belakang dan bertahan di tengah lapangan. Mereka tak bisa menyerang Vietnam," ucap Van Sy Hung dikutip dari The Thao 247.

Vietnam Disebut Jebak Indonesia di Final SEA Games 2019Vietnam membiarkan Indonesia menguasai bola lebih banyak. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama)
Van Sy Hung juga menyoroti keunggulan tinggi badan yang bisa dieksplorasi oleh Vietnam.

"Pemain Indonesia sangat solid, punya kecepatan, namun terbatas dalam hal tinggi badan. Pemain-pemain Vietnam mengeksploitasi kelemahan ini dengan terus-terusan mengirim umpan silang pada Nguyen Tien Linh dan Ha Duc CHinh."

"Gol pertama lahir dari situasi itu. Hung Dung melakukan umpan silang dari tendangan bebas dan Van Hau menggetarkan gawang Indonesia," kata Van Sy Hung.

[Gambas:Video CNN]
Van Sy Hung lalu memuji Hang Seo yang dianggap menerapkan taktik sempurna di laga final lawan Indonesia.

"Kata sempurna adalah yang paling pas saya ucapkan untuk taktik Park Hang-seo. Indonesia punya banyak penguasaan bola tetapi tidak membuat kesempatan berbahaya."

"Sementara itu serangan Vietnam lebih sedikit tetapi bisa memaksimalkan dengan baik," ucap Van Sy Hung.

Vietnam Disebut Jebak Indonesia di Final SEA Games 2019
Kegagalan Indonesia di final SEA Games 2019 membuat Indonesia gagal menyamai catatan medali emas SEA Games 1991 yang juga berlangsung di Manila. (ptr/har)