Kisah Ajaib Atalanta Lolos ke 16 Besar Liga Champions

CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 07:43 WIB
Kisah Ajaib Atalanta Lolos ke 16 Besar Liga Champions Atalanta masih melanjutkan perjalanan di Liga Champions. (AP Photo/Efrem Lukatsky)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu nama yang mencuri perhatian dari daftar 16 tim yang lolos ke fase knock out Liga Champions adalah Atalanta. Wakil Italia ini sukses menciptakan keajaiban.

Kata Ajaib layak disematkan pada keberhasilan Atalanta lolos ke fase 16 besar lantaran mereka mampu lolos setelah kalah di tiga partai perdana grup C.

Perjalanan Atalanta memang mengenaskan di awal Liga Champions musim ini. Mereka kalah telak 0-4 di markas Dinamo Zagreb pada matchday pertama.


Setelah itu, Atalanta juga takluk 1-2 ketika menjamu Shakthar Donetsk di San Siro. Dua laga itu sendiri di atas kertas wajib dimenangkan karena satu tim tersisa lainnya adalah Manchester City yang merupakan favorit juara grup C.

Garis nyawa Atalanta makin tipis ketika mereka pulang dari markas Manchester City dengan kekalahan telak 1-5 di matchday ketiga.

Atalanta mampu menang telak di markas Shakhtar Donetsk.Atalanta mampu menang telak di markas Shakhtar Donetsk. (AP Photo/Efrem Lukatsky)
Hanya mampu mencetak dua gol dan kebobolan 11 gol bukan berita bagus bagi Atalanta. Tetapi Mario Pasalic dan kawan-kawan pantang menyerah selagi kesempatan belum tertutup sepenuhnya.

Menjamu Manchester City, Atalanta akhirnya mendapat poin perdana berkat hasil imbang 1-1. Pasalic sukses membalas gol Raheem Sterling di awal pertandingan.

Keberuntungan bagi Atalanta terjadi karena di saat bersamaan Dinamo Zagreb dan Shakhtar Donetsk bermain imbang.

Pada matchday kelima, Atalanta mampu menang 2-0 atas Dinamo Zagreb. Pada momen bersamaan, Donetsk juga sukses menahan imbang Man City dengan skor 1-1.

Jelang matchday keenam, Manchester City sudah memastikan diri lolos dengan status juara grup lewat koleksi 11 poin.
[Gambas:Video CNN]
Donetsk ada di posisi kedua dengan nilai enam poin, sedangkan Zagreb menyusul di peringkat ketiga dengan nilai lima poin. Atalanta masih jadi juru kunci dengan catatan empat poin.

Pada matchday terakhir, Atalanta bertandang ke markas Donetsk sedangkan Zagreb menjamu Man City.

Donetsk jadi tim yang paling difavoritkan untuk lolos ke babak 16 besar sedangkan Zagreb berharap Man City tak lagi bermain serius dan menyimpan tenaga karena sudah lolos ke 16 besar.

Atalanta dengan peluang lolos paling kecil justru sukses membalikkan keadaan. Atalanta mencuri kemenangan telak 3-0 di markas Donetsk. Tiga gol Atalanta baru terjadi di 25 menit akhir pertandingan lewat Timothy Castagne, Pasalic, dan Robin Gosens.

Zagreb yang sempat berharap bisa lolos lewat gol cepat Dani Olmo di menit ke-10 harus menerima empat gol balasan dari Manchester City lewat hattrick Gabriel Jesus dan Phil Foden.

Kisah Ajaib Atalanta Lolos ke 16 Besar Liga Champions
Atalanta pun melesat ke posisi kedua dengan nilai tujuh poin, melampaui Donetsk dan Zagreb. Debut Atalanta di Liga Champions pun masih berumur panjang. (ptr/nva)